Senin, 29 Juli 2013

materi bahasa indonesia bab vii kelas xii sma



A.     MEMBACA.
Menemukan ide pokok suatu  suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit

Di kelas VII semester 1. kamu sudah mengasah kompentensi membaca cepat suatu teks dan menemukan ide-ide pokoknya. pada waktu itu, kamu dituntut untuk dapat menemukan ide pokok teks dengan kecepatan membaca 250 kpm( kata per menit). Apakahselama ini kamu terus mengasah kemampuan itu dan apakah kompentensimu dalam keterampilan tersedut semakin membaik.?
Pada kesempatan ini, kamu di ajak kembali untuk menguasai kompetemsi tersebut, tetapi tentu dengan kualifikasi dan standart yang lebih yinggi. Kalian akan berlatih menemukan ide pokokmembaca cepat 300-350 per kata .
Namun sebelumnya, perlu kamu ingat hal-hal penting yang perlu di perhatikan berkaitan dengan membaca cepat .untuk mengingat hal-hal tersebut.jawab lah pertanyaan berikut.
1.        Saat membaca cepat, boleh kah jari bergerk menuntuk ke kata yang sedang di  baca.?
2.        Kemanakah arah gerakan mata yang efekltif saat membaca cepat?
3.        Saat membaca cepat di ysahakan tidak melakukan regresi. Apa yang di maksut regresi?
4.        Selain tidak meelakukan vokalisasi, juga tidak boleh melakukan subvolisasi karna akan mengganggu konsentrasi. Apa yang dimaksut subvolisasi ?
5.        Salah satu cara meningkatkan  kemampuan membaca cepat adalah memperluas jangkauan mata baca. Bagaimanakah cara menghitung jangkauan arah mata membaca?
6.        Bagaimanakah cara menghitung kecepatan membaca cepat ?

Kemampuan membaca cepat harus diimbangi dengan kemampuan untuk memahmi infomasi atau pesn yang disampaikan dalam teks. Tampa kemampuan tersebut, catatan waktu yang baik tidak begitu berarti. Untuk itu, kamu harus terus berlatih memusatkan pikiran atau konsentrasi agar kemampuan dalam menangkap informasi yang disampaikan semakin baik.

Geladi Diri.
1.      Sikap konsentrasimu.
2.      Membaca teks tersebut dengan kecepatan 350 kmp atau selama 1 menit pergunaan stop watch atau arloji untuk mengukur waktu membacamu.
3.      Setelah selesaimembaca segera matiklan stop wartch dan lihat berapa wktu yang kamu pergunakan.
4.      Sambil membaca tangkap gagasan pokok  yang disampaikan setiap paragraph. Perhatikan kata-kata kunci yang ditandai secara kusus.






Menuju Industri Sepak Bola

1.           HARAPAN kompetisi liga Indonesia (ligina) menjadi sebuah industri mungkin masih lama. Tapi, BLI selalu otoritaspelaksanaan kompetisi, tentu menginginkan hal itu menjadi secepatnya. Caranya, dengan berbagai regulasi baru yang sifat nya wajib tetapi dapat dilaksanakan para kontestan.
2.           Mnejer kompetensi BLI, joko Dyiyono, mengatakan agar tim bias memiliki sebuah empowerment (kewenangan) atinya memasuki masa tranmisi kompetisi menuju laga super 2008, tim peserta kompetisi mulai menyiapkan segala sesuatunya sebagai tim yang  berstatus professional.
3.           Dari sini, kontestan  harus mampu mengembangkan potensi mereka sehingga kedepan tersebut mulai menajemenya tidak menggantungkan dana dari sang pemilik saja, seperti pemerintah  atau kabupaten tempat itu berdomosi.
4.           “Kalau bicara nilai jual, penonton indomnesia adalah sebuah harta karun. Jadi, jumlah orang yang memadati stadion perlu dikembangkan  sehingga bias menghasilkan pemasukan bagi tim. Tapi, skatang kenyataan itubelum ada padahal, selain memiliki  manfaat besar, juga mampumenarik iklan bagi tim itu,” kata Joko.
5.           Gambaran yang di gunakan joko terkaitperkembangan tim selama ini. Sebab, untuk menuju laga super, harapan kepada peserta kopetisi adalah kemandirian. Apalagi, selamaini tim sangat bergantug pada suatu sumber dana saja. Namun, joko berharap pemerintah tetap miliki peran bagi tim hal itu berhubungan dengan banyaknya klub yang hidup di biayai pemerintah daerah.
6.           “Kompetisi di negera ini berbeda dengan di inggris. Kalau sitem mereka. Laga  adalah memiliki klub dari bawah ke atas. Tapi di Indonesia, peserta kompetisi mengikuti intruksi dari faderasi dan itupun sama dirasakan di mayoritas sebab dalam lima tahun kedepan BLI optimistik keinginan itu akan bisa berjalan,” ular Joko    
7.           Joko slalu mengungkapkan, pada ligina 2006 lalu, BLI memiliki tujuan strategis. Progam itu salah satunya mengenai manajerial tim. Karena itu., dengan manual laga Indonesia (MLI) terbar, sejumlah aturan dan saran di harapkan bias di pahami tim.
8.           “Mungkin, ada tim yang merasakan banyak sekali aturan. Tapi, semua ituberkait dengan masa depan mereka. Artinya. Banyak sekali sehingga tim jangan berpikir ancaman sangsi itu berat, tetapi dengan pembelajaran mereka untuklebih baik,” tandas Joko.

Bagaimana  catatan waktumu pada saat membaca teks di atas? Apakah kurang pas, ataulebih dari satu menit, berapa kemampuan membaca cepatmu masih perlu di tingkatkan. Untuk mengetahui beberapa sebenarnya kecepatan membacamu, hitunglah dengan rumus sebagai berikut.


x 60  =  jumlahkan (kata per menit)
 
 
  Julah kata yang di baca          
Jumlah detik untuk membaca               

Contoh :   Apabila kamu membaca teks tersebut dalam waktu 1,5 menit, berarti kecepatan membacamu adalah 233 kpm, dengan rician penghitungannya sebagai berikut.




350      x 60 =3,88 x 60 =233 kpm
 90

 
 



            Seperti di katakana di atas, mekipun kamu mempunyai catatan waktu yang baik, kemampuanmembaca cepatmu kurang jika tidak di sertai kemampuan menangkap dan memahami informasi teks yang di baca. Kamu di katakana berkemampuan membaca cepat yang baik apabila catatan waktu tidak melebihi batas waktu yan di tentukan dan mampu memahami 75% dari seluruh isi paragraf.

Mengidentifikasi Ide Pokok Teks Bacaan Dengan Menggunakan Kata Kunci.
          Apakah kamu sudah menangkap gagasan-gagasan pokok paragraf pada teks bacaan “menuju industri sepak bola” tersebut ?untuk mengetahuinya, tuliskan dalam tabel di bawah ini gagasan_gagasan pokok yang berhasil kamu tagkap. Untuk membantu dan memepermudah kamu dalam menemukan ide pokok itu, pergunakan kata –kata kunci yang di berikan (ingat,selama menjawab kamu tidak memperkenanakan membaca lagi teks tersebut!)

Paragraf
Kata Kunci
Ide Pokok
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Industri
Empowerment
Potensi
Harta karun
Kemandirian
Inggris
Tujuh program
aturan


Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan pekerjaan teman.

Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat dengan Memperluas Jangkauan Mata

            Salah satu kebiasaan buruk membaca adalah jarak antara tulisan dengan mata telalu dekat. Selain bias menyebabkan mata cepat rusak, hal ini juga membuat jangjkauan pandangan mata jadi sempit. Jangkauan mata yang sempit, memaksa mata untuk bayak bergerak dan berpindah. Gerakan mata yangterlalubanyak akan membuat mata cepat lelah. Jika mata lelah atau sakit, akan menuntukan daya kunsentrasi dan akibatnya akan memengaruhi kemampuan otak dalm menangkap informasi yang di sampaikan dalam teks.
            Kemampuan membac cepat dapat di perbaiki dengan meningkatkan luas jangkauan mata. Cara yang pertama, yaitu menciptakan jarak baca yang baik, yaitu nminimal 30 cm. bnerikutnya, yaitu dengan mengatur gerakan mata sehingga bekerja lebih efektif.
             Gerakan mata pada saat membaca tulisan bukan mengarlir dan mengambang liar, tetapi terfokus atau terarah, (fixae) pada satu objek (kata atau frsa)yang menjadi sasaranya, kemudian bergerak melompat ke objek berikutnya. Jadi, mata bergerak secara teratur dengan pola:  mata bergerak dari satu kata atau frasa, melompat ke kata /frasa berikutnya, berhenti sejenak, melompat lagi ke kata atau frasa yang lain, dan seterusnya . semakin singkat waktu untuk berheni, berarti semakin baik.

Geladi Diri

1.         Bacalah garis-garis frasa berikut ini. satu frasa haris di baca sekaligus, tidak boleh    dieja per kata . pusat kan pandangan mata dengan kata yang ada di sebelah kanan dan kirinyamata tidak boleh bergerakke samping tetapi kebawah.


BIDANG
OLAH
RAGA


BULU
TANGKIS
PUTRA


BOLA
VOLI
PUTRI


KOSTUM
SEPAK
BOLA


LIMA
MEDALI
EMAS


DEMAM
PIALA
DUNIA


CLUB
PERSIJA
JAKARTA


ASEAN
GAMES
QATAR


PRIMERA
LIGA
SPANYOL


JUAN
MANUEL
FANGIO


GOL
BUNUH
DIRI


TIGA
LIMA
TUJUH


INVITASI                       
BOLA                                       
 BASKET              


ATLIT                                    
TENIS
MEJA



2.         Baca teks berikut secara cepat dengan jangkauan mata 3-4 kata. Maksutnya sekali memandang mencangkup 3-4 kata. Bacalah dengan mengikuti kata yang sudah ditandai ulangilah bebera[pa kali sampai kau dapat melakukan tampa kesulitan.

Kiper pertsmaunth ini / tidak pantas berada / di tim yang kalah. / james menunjukan dirinya / masih pantas jadi / kipper ter baik inggris / dia ber ulang kali /mematahkan serangan chasela / untukmembuat portmounth / terhindar kekalahan / yang lebih besar. / penampilan james di laga ini / mendukung klain pelatih harry rednapp/ kalaudirinya pantas / kembali masuk tim nas inggris. /

3.    Bacalah teks berikut baris demi baris dengan gerakan mata ke bawah. Mulailah membaca dari garis vertikal kiri dan pindahlah ke baris berikutnya sebelum sampai ke garis vertikal kanan. Dengan cara ini kamu berlatih mengurangi gerakan mata dan tidak membiasakan diri terfokus pada kata demi kata




Pilih Nonton El Clasico








 
SANTIAGO, Benabeau pekan ini kedatanga tamu istimewa. Si cantik Scarlett Johansson yang hadir di markmenas besar Real Madrid itu untuk menyaksikan pertandingan antara Real Madrid melawan Barcelona. Bagi pendukung kedua tim keberadaan artis berusia 21 tahun ini mungkin bisa mengubah hawa panas duel El Clasico di ibu kota Spanyol jadi menyejukkan
Kedatangan selebritis di Bernabeu merupakan sesuatu yang wajar. Namun, kehadiran wanita asal New York ini adalah pemandangan langka. Pasalnya saat ini, pemeran Kay Lake dalam The Black Dahlia ini, sedang populer di Spanyol. Poster-poster dan papan iklan (billboard) besar bergambar dirinya bertebaran di seantero negeri matador itu.
Namun, satu hal yang paling membuat Raul Gonzales dkk bangga adalah keputusannya yang lebih mementingkan hadir di stadion daripada datang ke gedung bioskop. Pasalnya, di hari yang sama juga digelar pemutaran perdana filmnya yang disutradarai Brian de Palma itu. (CR-21)

Uji Kompetesi
1.      sikap konsentrasimu
2.      secara serentak, telah mendengar aba-aba yang di berikan guru,baca teks berikut dengan keepatan 350 kmp.
3.      setelah waktu 73 menit, gurumu akan memberi tanda berhenti dan kamu harus segera menutup buku mu.
4.      sambil membaca tangkaplah gagasan pokok yang di berkan setiap paragraph  perhatikan kata - kata kunci yang di tandai secara kusus

Perketat Standar dengan Lisensi

1                         Musim lalu, PSSI sudah memberikanstandart minimal seorang untuk pelatih yang dapat memegang tim divisi Utama. Dalam pertandingan itu di sebutkan , pelatih tim divisi harus mengantongi tersebut, PSSI dan ban liga Indonesia (BLI) berharap konstenta kopetisi Indonesia menjadi baik.
2                         Sayang, peraturan itu tinggal sebuah tulisan diatas kertas. Tak ada ketegasan dan realisasi di lapangan. Muslim 2006, tak sedikit pelatih divisi utama yang baru mengantongi sertifikasi dibawah setandar yang ditetapkan BLI mesti fakta kemudian menunjukkakn bahwa sertifikat tidak menjamin sukses atau tidaknya seoramng pelatih .
3                         Kini, menyambut musim 2008 –tempatnya era liga super-, BLI kembali mengeluarkan peraturan baru.sebelumnya, syarat minimal sertifikat  B untuk pelatihdevisi utama digeser menjadi liga super. Artinya,untuk klup yang masuk dalam liga super, pelatihnya minilam mengantongi sertifikat B.
4                         Tak mudah untuk memenuhi setandar minimal tersebut .meski indonesia meiliki banyak pelatih,jumblah mereka yang memiliki sertifikat B dan A masih dapat dihitung jari. Mayoritas dari merekat baru mengantongi sertifikat C.
5                         Oleh karena itu ,menjadi tugas PSSI untuk bias meningkatkan srtifiak dari pelatih Indonesia.’’sesua permintaan BLI , pada saat liga super pelatih tim konstestan minimal harus memiliki lesensi B. untuk itu , sebelum kompetisi mendatang dimulai , kami melaksanakan ujian ini. Kami akan mendatangkan langsung instruktur dari AFC dan itu telah sesuai prosudur ,”kata nugraha besoes, sekjen PSSI, kepada SINDO.
6                         Nugraha mengatakan,pelatih Indonesia sebenarnya memiliki potensi besar untuk berkembang dan bersaing dengan arsitek asal luar negeri .” sosial potensi berlatih local, terutama yang masih berusia muda, memiliki kemajuan yang bagus. Sayng, mereka kadang memiliki litensi yang tak sesuai, apalagi berlatih dengan sayart minimal dibutuhkan untuk tim professional,” tutor mantan pembian mastrans bandung raya ini.
7                         Oleh karena itu,PSSI berencana menggelar tes peningkatan lisensi jika. Tidak ada langganan, mereka akan menggelar lisensi pada 27 nofember di batu,malang. Dan ternyata, peminatnya sangat banyak. Tercatat telah 27 pelati terdaftar dan menerima panggilan PSSI untuk menjalani pelatihan selam 3 pekan
8                         Sebelemnya,.PSSI banyak akan memanggil 24 orang, tapi bertambah 3 karena antusiasismenya sangat tinggi soal mekanisme, semua akan ditangani AFC langsung. Metreka mengirim intruktur asal singapura Robert limlee hat. Jadi, PSSI hanya sebagai penyelenggara tidak akan ikut campur dalam acara ini,” ujar direktur teknis PSSI iswasdi idris
9                         Lalu, apakah lisensi kemudian menjadi generasi akan sukses? Belum tentu. Melihat fakta dilapangan kualitas pelatih tidak hanya diukur dengan nilai diatas kertas. Salah satuna sumbangkit mengantongi lisensi C, sumbangkit membawa persikapas pasuruan menjadi semi finalis liga Indonesia 2006 atu M khider yang membawa PSMS medan meraih gelar piala bang yos.(estu santoso) ( 430 kata)
                                    
                                                                           (dikutip dari Koran sindo,23 november 2006.)

Identifikasi dan tulislah dalam table dibawah ini gagasan pokok yang terdapat dalam teks diatas.pergunakan kat-kata kuynci yang di berikan.(ingat, selama jawaban
kamu tidak perkenankan membaca lagi teks diatas)

Paragraf
Kata kunci
Ide pokok
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Setandat minimal
Diatas kertas
Peraturan baru
Tak mudah
Meningkatkan
Potensi besar
Teks
Antusiasme
Garansi


Jawablah dengan kalimat jawaban singkat pertanyan-pertanyaan yang akan dilisankan oleh gurumu berikut ini!
1.        Apa syarat seorang pelatih untuk dapat memegang tim divisi utama menurut ketentuan yang di buat PSSI
2.        Apa tujuan PSSI menentukan setandat minimal bagi pelatih yang memegang tim devisi utama
3.        Bagaimanakah realisasi ketentuan setandat minimal tersebut dilapangan
4.        Apakah sertifikat bias menjadi jaminan keberhasilan seorang pelatih
5.        Bagaiman kondisi seorang pelatih Indonesia saat ini berkaitan dengan setandar tersebut
6.        Apakah nama sekjen PSSI
7.        Bagaimana pelatihan sekjen PSSI terhadap potensi pelatih Indonesia saat ini
8.        Apakah yang telah direncanakan PSSI berkaitan dengan penyelenggaran tes peningkatan lesensi
9.        Bagaimana antusiasime atau minat pelatih Indonesia terhadap tes peningkatan tersebut
10.    Siapkan struktur dari luar yang akan menangani kegiatan tes risensi tersebut
11.    Siapakah subangkit itu
12.    Apakah nama klup sepak bola yang pernah meraih juara piala bang yos meskipun pelatihnya baru mengantongi risensi C

Uji Teori
1.        Sebutkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menghambat membaca cepat!
2.        Apa yang di maksut regresi dan subvokalisasi
3.        Bagaimanakah cara menghitung kcepatan membaca
4.        Bagaiamana jarak membaca ideal antara tulisan dengan mata
5.        Bagaimanakah cara meningkatkan cara membaca cepat
6.        Bagaimanakah gerakan mata yang tepat pada saat membaca cepat

B. BERBICARA
Mengungkapkan informasi melalui persentasi

            Apakah di sekolah mu pernah di selenggarakan kompetisi olahraga dengan melibatkan banyak sekolah? Bagaimana kekiatan itu dapat diselenggara dan apakah kamu ikut sibuk mengurusinya? Kendala apa saja pada saat penyelenggaraan aca tersebut?
            Kopentisi olahraga seakan sudah menjadi kegiatan pokok di sekolah-sekola.dalam kampanye calon ketua OSIS pun,kompetisi olah raga biasanya menjadi salahsatu progam unggulan yang di tawar kan untuk memikat pendukungnya.selain untuk menyalurkan bakat  beroplahraga sarana untuk membanggun postif,konpetisi olahraga juga menjadi sarana efektif membina persahabatan.namun,untuk menyelanggarakannya,apalagi dalam sekala besar,bukan pekerjaan yang mudah perlu persiapan yang lamaa dan panitia harus siap untuk betrjuang untuk menghadapi berbagai rintangan yang menghadang.
Rintangan pertama biasanya sudah muncul saat ide itu di lontarkan pada intitusi sekolah. Meskipun kegiatan ini jelas jelas banyak menfaatnya , belum tentu pihak otoritas sekolah(yayasan , kepala sekolah, dewan guru, atau komite sekolah) serta merta menyetujuinya. Biaya yang kwahatiran dan alas an tidak merestuinya. Setelah rintangan kedua lebih berat, yaitu masalah dana. Panitia harus memutar otak bagaimana mendapatkan pemasukan untuk biaya operasional pnyelanggearaan kegiatannya.
Semua rintangan itu biasanya dapat di atasi siswa atau panitia hanya dengan menjual kata kata d sertai dengan pendekatan persuasive dengan membuat rencana kegiatan sejelas jelasnya dan rancangan kerja sedetail detailnya yang di tuangkan dalam bentuk proposal , panitia menyakinkan dan memangaruhi pihak pihak terkait sehingga akhirnya mereka percaya bahwa kegitan tersebut memang layak untuk didukung.

Mempretasikan progam kegiatan/proposal

            Proposal biasanya hanya diserahkan atau dikrimkan kepada pihak pihak terkait. Setelah beberapa hari, baru diminta respon atau tanggapannya. Cara ini sebenarnya kurang efektif dan untuk proposal yang bertujuan
Mendapatkan dukungan perizinan, cara ini biasanya dianggap tidak cukup.
            Proposal tertulis tiedak cukup untuk memuatsemua informasi yang ingin diketahui. Proposal juga dapat menjawab berbagai pertanyaan yang muncul berkaitan dengan acara yang akan diselenggarakan. Oleh karena itu, panitia penyelenggara diminta untuk memepresentasikan proposal yang diajukan.
            Mempretasikan adlaah menyajikan suatu informasi atau laporan secara lisan atau bertatap muka secara langsung. Suatu presentasi berhasil baik jika seluruh informasi yang disajikan sampai kepada pendengar secara tepat dan tercapai tujuan yang diinginkan. Untuk bisa meraih keberhasilan itu, presenter harus mengusai persolan/permasalahan yang hendak diinformasikan, mampu mamaparkan persoalan secara sistematis dan efektif, dan mampu berkomunilkasi secara lisan dengan baik .
            Berikut ini langkah langkah persiapan yang harus dilakukan sebelum presentasi proposal dilakukan.

A. Menganalisis Permasalahan

1.         Mengidentifikasi Tujuan.
       Adanya berbagai tujuan proposal. Aproposal untuk mendapat restu   atau  izin prisip kegiatan., mendapat dukungan partivikasi serta kegiatan dan untuk mendapatkan bantuan dana. Presenter harus menetapkan dengan tegas, apa tujuan yang hendak di capai dari kegiatan presentasinya. Hal ini berkaitan deangan reaksi yang diharapkan muncul, apakah sekdar tau, yakin atau yakin dan mau membuat sesuatu seperti yang diharapkan.
2.         Menganilisis Pendengar.
       Sebelum presentasi dimulai, presentasi harus menganalisis public yang akan menjadi pendengarnya. Kenali latar belakang pendidikan, status social, dan tipikal karakter nya prediksi respon yang mungkin muncul.sikap strategi untuk mengantisipasi reaksi-reaksi yang tidak diharapkan.

B. Menyiapkan materi dan alat / media komunikasi
         
Sudah pasti, dalam presentasi akan banyak muncul pertanyaan kritis .oleh karena itu,     harus benar-benar menguasai isi proposalnya dan antar tim harus ada kesamaan persepsi. Untuk menekan banyaknya pertanyaan, proposal disampaikan dengan sejelas-jelasnya. Untuk itu.disiapkan pokok-pokok penting proposal secara lengkap dan dan sistematis. Juga disiapkan table,grafik, atau ilustrasi untuk memperjelas uraian yang disampaikan. Tidak klalah penting, siapkan peralatan pendukung, seperti OHP, laptop, USB, in focus, dan sound system. Seringkali, presentasi tidak berjalan lancar karena alat tidak dipersiapkan dan dites terlebih dahulu.

C. Mengadakan latihan /simulasi

Presenter akan tampil lebih percaya diri jika berlatih terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu ia latih terutama sistematika penyajian dan Penguasan materi. Selain itu, presenter juga perlu mensimulasikan dan Melatih bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diprediksi Akan timbul cara / gaya berbicra yang menarik dengan memerhatikan Intonasi dan ekspresi wajah.

Tugas Kelompok
           
1.        Bentuklah kelompok beranggotakan 4-6 siswa
2.        Bermusyawarahlah untuk merancang sebuah kegiatan kopetensi olahraga degan mengundang sekoplah-sekolah lain yang nada di kotamu. Rencanakan dengan tepat dan terini sehingga kegiatan ini benar-benar dapat dilaksanakan .
3.        Susunlah sebuah proposal ditujukan pada pimpinan sekolah/yayasan untuk mendapat persetujuan  ( izin prinsip ) dan dukungan penyelenggaraan kegiatan tersebut.
4.        Ketiklah dengan rapi dan bila akan disajikan dengan multimedia siapkan perangkat peralatannya. Kerjakan tugas ini dirumah selama 2 hari
5.        Secara bergantian , presentasi proposal kalian di depan kelas                                                                                                      

Menaggapi Presentasi Proposal dengan Memberi Alasan yang Logis
           
            Proposal kegiatan skolah yang di susun OSIS, tidak hanya perlu dukungan dari otoritas sekolah , tetapi juga dari para siswa, oleh karena itu, parawakil siswa ( MPS) pun serimg diundang untuk ikut mendengarkan presentasi kegiatan yang akan diselenggarakan.
            Sebagai wakil dari siawa, kamu harus bias berfikir untuk kepentingan siswa secara umum. Dalam mencermati proposal yang diajukan,kamu harus melihat apakah kegiatan itu sesuai aspirasi dan benar-benar membawa manfaat bagi siswa . juga perlu dicermati sejauh mana akses atau dampaknya menimbulkan kerugian. Jka mnumpai hal-hal yang merugikan dan tidak bermanfaat,perlu dipertanyakan untuk mendapatkan klarifikasi. Agar tanggapanpun dapat direspon, maka harus disampaikan dengan jelas,efektif, dan disertai alasa atau argument yang kuat.
            Berikut ini beberapa contoh panduan pertanyaan untuk menanggapi proposal
kegiatan
1.        apakah waktu pelaksanaan tidak mengganggu KBM?
2.        apakah pemilihan waktu penyelenggaran sudah memerhatikan factor cuaca?
3.        apa antisipasi panitia terhadap kemungkinan terjadi pertikaian antarseporter?
4.        seandainya penggalangan dan tiodak mencapai target, apakah acara akan dipaksakan jalan dengan dana sedanya?
5.        apakah pemilihan cabang yang dipertandingkan sudah memperhatikan potensi siswa yang ada di sekolah kita?
6.        apakah pemberian konsumsi kepada panitia setiap hari itu dapat di tinjaulagi mengingat danamya terbatas?
   Uji Kopetensi
Lihatlah kembali kegiatn gladi kelompok dihalaman sebelumnya .
1.      Berilah tanggapan secar kritis untuk setiap proposal yang di tampilkan
2.      Carilah celah-celah yang bias menjadi alasan untuk menolak rencana yang diajukan dalam proposal
3.      Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan untuk memperjelas isi proposal
4.      Sampaikan tanggapanmu dengan kalimat yang efektif berikan argument atau alasan yang logis setiap siswa memberi tanggapan minim satu kali


  
Uji Teori
1.      Apa fungsi proposal
2.      Secara umum,apasajakah bagian-bagian pokok proposal
3.      Sebutkan cara untuk system matika proposal
4.      Sebutkan macam-macam jenis proposal menurut kepentingannya
5.      Apa sajakah hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan presentasi proposal
6.      Prelatan apasajakah yang perlu dipersiapkan untuk presentasi proposal

C .MENDENGARKAN
Membacakan Tes Di Drama dengan Intonasi dan Eksprsi Sesuai Karakter Pokok.    
        
        Tunjukan tiga orang siswa putra dan putri untuk membacakan naskas drama berikut ini.dua siswa memerankan Tokoh Jamil dan Saenah dan satu siswa bertindak sebagai narrator meskipun tanpa akting ,naskah dibacakan dengan intonasi dan espresi dan sesuai karakter pokok.untuk itu, sebelum membacakan siswa yang bertugas di beri kesempatan terlebihdahulu untuk memahami dan mengespresikan karakter tokoh.
       
        Semaklah baik-baik bacaan tersebut dan sambil menyemak idententisipasilah unsure-unsur intrinsip yang ada.

Badai sepanjang Malam
Oleh Max Arifin

Para pelaku:
  1. Kamil,seorang guru SD brumur 24 tahun
  2. Saenah, istri jamilah berusia 23 tahun
  3. Kepala Desa,suara flashback
Seting  : ruangan depan sebuah rumah desa pada malam hari.di dinding ada lampu minyak menyala.ada sebuah meja tulis tua.di atas nya ada beberapa buku besar.kursi tamu dari rotan sudah agak tua.dekat dinding ada balai-balai.sebuah radio transistor juga tampak di atas meja.
Suara          :    Suara jangkrik.suara burung malam.gonggongan anjing di kejauhan. Suara adzan shubuh
Musik         :    Sayup-sayup terdengar lagu  Asmaradahana ,lewat suara sandu sebuah Seluring.
Note           :   kedua suami istri memperhatikan pola kehidupan di kota dengan kata lain,mereka berdua memang berasal dari kota. Tampak pada cara dan bahan pakaian yang mereka kenkan pada malam hari itu. Mereka juga memperlihatkan sebagai orang yang baik-baik hanya idealisme yang menyala-nyala  yang menyebabkan mereka berada di desa terpencil itu.

Begitu layar tersingkap ,nampak jamil sedang asyik membaca kakinya ditelusurkan ke atas kursi di depannya sekali-kali ia memijit-miit keningnya dan membaca lagi kemudian ia mengangkat mukanya memandang jauh kedepan merenung dan kembali lagi pada bacaannya di kejauhan terdengar salak anjing melengking sedih jangkrik juga menghiasi suasana malam itu di kejauhan terdengar seruling penuh pilu membawakan asmaradahana.

1.        Jamil             :    menyambar rokok di atas meja dan menyulutnya .asap berkepul keatas.pada       saat itu istrinya muncul dari balik pintu kamar
2.        Saenah          :    kau belum tidur juga? Kukira sudah larut malam beristirahatlah, besok kau hari kerja?
3.        Jamil             :    Sebentar,saenah. Seluruh tubuhku memang sudah lelah ,tapi pikiranku masih saja mengambamg kesana kemari .biasa, kan aku begini malam-malam
4.        Saenah          :    Baiklah.tapi,boleh aku tahu apa yang kau pikirkan malam ini?
5.        Jamil             :    Semuanya,semunya apa yang kupikirkan selama ini sudah kurekam dalam buku haran ku.saenah perjalanan hidup seorang guru muda yang di tempatkan suatu desa terpencil-seperti klaulan ini merupakan lembaran-lembaran terbuka bagi semua orang
6.        Saenah          :    Mengapa baru kali ini ku beri tahukan hal itu pada ku ? kau seakan-akan menyiman suatu rahasia atau memang rahasia
7.        Jamil             :    Sama sekali bukan rahasai ,sayangku! Malam-malam di tempat terpencil seakan memanggil aku untuk diajak merenungkan sesuatu.dan, jika aku tak bias memenuhi ajakannya aku akn mengalami semacam frustasi. Memang pernah sekali, suatu malam yang mencekam ,ketika aku sudah tidur dengan nyenyak ,tiba pada suatu persimpangan jalan di mana aku tidak boleh memilih .pasrah.saja .apa yang bias ku lakukan di tempat di sesunyi ini ? (diya menyambar buku hariyannya yang terletak di atas meja dan membalik-balikannya )coba kau baca catatanku tanggal……(sambil masih membalik-balik)…………..ini tanggal 2 oktobrer 1977
8.        Saenah          ;    (membaca) “sudah setahun aku bertugads di klaulan. Suatu tempat yang terpacak tegak seperti karang di tengah lautan, sejak desa ini tertera dalam petani bumi. Dari jauh dia angker, tidak bersahabat: panas dan debu melecut tubuh. Ia kering keronta, gersang. Apakah aku akan menjadi penonton yang ombang-ambingkan oleh ….. Barang tontonan nya. Setahun telah lewat dan selama itu manusia ditelan oleh alam” ( berhentiu sejanak, dan seanah mengeluh ;memandantg sesaat pada jamil sebelum membaca lagi) “ aku belum menemukan kejantanan di sini. Orang-orang seperti sulit berbicara tentang hubungan dirinya dengan alam. Sampai dimana kebisuan ini bisa diderita? Dan. Apakah akan diteruskan  oleh generasi-generasi yang setiap ku hadapi? Apakah disni tidak dapat dikatakan adanya kekejaman.” (saenah berhenti membaca dan langsung menatap pada jamil)
9.        Jamil             :    Kenapa kau berhenti? Janagn tatap akau seperti itu saenah.
10.    Saenah          :    Apakah tulisan ini tidak keterlaluan? Bisakah temukan kejujuran  di dalamnya?
11.    Jamil             :    kejujuran kupertaruhkan di dalamnya, saenah aku bisa mengatakan, kita kadang-kadang dihinggapi oleh sikap-sikap munafik dalam suatu pergaulan hidup. Ada ikatan-ikatan yang meharuskan kita berkata “ya!”terhadap apapun,sekalipun dalam hati kecil kita berkata “tidak” kejujuran mendorong aku berkata, “tidak”, karena aku melatih diri menjadi orang yang setia kepada nuraninya. Aku juga tahu, masa kini yang di cari adlang orang-orang yang mau berkata “ya”. Yang berkata”tidak” akan disisihkan. (diam sejenak) memng sulit, saenah. Tapi itulsh hidup yang sebenarnya terjadi. Kecuali kalau kita mau melihat hidup ini indah diluar, bobrok didalam. Itulah masalahnya. (suasana menjadi hening sekali. Di kejahuan terdengar salak anjing berkepanajngan)
12.    Saenah          :    Aku tidak berpikir sampai ke sana. Pikiran sederhana saja. Kau masih ingat tentuknya, ketika kita pertama kali tiba disini, ya, setahun yang lalu. Tekadmu untuk berdiri di depan kelas, mengajar generasi muda itu agar merka menjadi pandai, idealismemu menyala-nyala. Waktu itu kita d sambut oleh kepala desa dengan pidato selamat datangnya. (saenah lari masuk. Jamil terkejut. Tetapi, sekejap mata saenah  muncul sambil membawa tape recorder!) ini putarlah tape ini. Kaurekam peristiwa waktu itu. (saenah memutar tape itu, kemudia mendengarkan suara kepala desa) “….kami ucapkan selamat edatamng ke[pada suara jamil dan istri. Inilah tempat kami. Kami harap saudar abetah di tempat ini. Betah menjadi guru disini. Untuk tempat saudara berlindung dari oanas dan angin, kami telah menyediakan pondok barang kali tidak perlu baik bagi saudara. Dan apabila anda memandang bangunan SD yang Cuma tiga kelas itu, ddidngnya telah robek, dan daun pintunya telah cepot, lemari-lemari telah reyot, lonceng sekolah bekas pacul tua yang tak di pakai lagi. Semuanya, semuanya menjadi tantangan bagi kita bersama. Selama itu, kami perkenalkan dua guru lain yang sudah lama tahun bekerja disini. Yang ini adalah saudara sahli. Yang berkaca mata itu adalah saudara hasan. Kedatangan saudara akan memperkuat tekat kami untuk membangun generasi muda disini harapan seperti ini adalah harapan saudara sahli. Dan saudara hasan tentunya.” (saenah mematikan tape. Diam, agak lama jail menunduk, sedang saenah memandang kepada saenah. Pelan-pelan jamil mengangkat tangannya. Mereka berpandangan)
13.    Saenah          :    Semua bicara baik-baik saja waktu itu dan semuanya berjalan wajar.
14.    Jamil             :    Apakah ada yang tidak wajar pada diriku sekarang ini ?
15.    Saenah          :    Kini aku yang harus bertanya : jujurkah pada nuranimu sendiri? Penilaian terahir pada hati mu. Mampukh kau membuat pengdilan yang tidak memihak pada kepada nuranimu sendiri? Kaena bukan sikap mestahil sikap keras kepalalah yang berdiri di belakang semuanya itu. Terus terang dari hari ke hari kita seperti terdesak di masyarakat yang kecil ini.
16.    Jamil             :    Apakah masi harus ku katakana bahwa akutelah berusah aberbuat jujur dal berbuat tindakanku. Kau menyalah kan aku karena aku terlalu banyak bilang “tidak “ dengan setiyap dialog dengan sekitarku.tapi,itulah hatiku yang ikhlas mental msyarakat seperti katamu itu tidak terbatas di desa aja, tapi juga berada di kota.
17.    Saenah          :    Kau tidak memahami masyarakatmu.
18.    Jamil             :    Masyarakat itulah yang tidak memahami aku.
19.    Saenah          :    Siapa yang salah dalam hal ini?
20.    Jamil             :    Masyarakat
21.    Saenah          :    Yang menang.
22.    Jamil             :    Aku.
23.    Saenah          :    Lalu?
24.    Jamil             :    Aku mau pindah dari sini. ( diam.lama sekali mereka berpandangan )
25.    Saenah          :    (dengan suara rendah ) aku kira itu bukan suatu penyelesaian .
26.    Jamil             :    (keras) sementara memang itulah penyelesannya.
27.    Saenah          :    (keras ) tidak! Mesti ada sesuatu yangn hilang antara kau dengan masyarakat mue.selama ini ku membanggakan dirimu sebagai seseorang idialis.idealis sejati.malah. apalah arti kata itu bila kau sendiri tidak bias dan tidak mampu bergaul akrab dengan masyarakatmu.( diyam )

(lemah diucapkan ) aku terkenang masa itu, ketika kau membujuk aku agar aku mu  dating kemari (sorot terbalik dengan mengubah warna cahaya pelan-pelan. Memakai potentiometer. Bias hijau muda atuau warna lainnya yang agak kontras dengan warna semula. Musik sendu mengalun)

28.    Jamil             ;    Aku mau hidup jauh dari kebisingan, saenah. Aku tertarik dengan kehidupan sunyi di desa, dengan penduduknyan yang polos dan sederhana . di sana, aku ingin melihan manusia seutuhnya . manusia yang belum dipoles sikap-sikap munafik dan pulasan belaka . aku harap ku menyambut keinginanku dengan gembira dan dan kit bersama-sama kesana .di sana, tenagaku lebih diperlukan dari dikota .dan ,tentu banyak yang dapat aku lakukan .
29.    Saenah          :    Sudah kupikirkan baik-baik ? pretrjuangn disana berarti di luar jangkauan perhatian.
30.    Jamil             :    Aku bukan orang yang membutuhkan perhatian dan publikasi . kepergianku kesana bukan dengan harapan untuk menjadi guru teladan coba bayangkan ,siayapa pejabat yang bias memikirirkan kesulitan seoprang guru yang bertugas di sembalun , umpamanya? Betul mereka menerima gaji tiyapm bulan. Tpi. Dari hari ke hari dicekam kesunyian, dengan senyum secercas terbayang di bibirnya bila menghadapi anak bangsanya . dengan alat-alat serba kurang mungkin kehabisan kapur., tetapi hatinya tetap disaana .aku bukan orang yang membutuhkan publikasi , tapi ukuran-ukuran dan nilai-nilai seorang guru didesa perlu di renungkan kembali .ini bukan ilusi atau  igauan dimalam sepi, saenah . sementara, teman-teman dikota mempunyai kesempatan untuk hal-hal yang sebaliknya dari kita ini .itulah yang mendorong aku, mendorong hatiku untuk melamar bertugas didesa ini .
31.    Saenah          :    Baiklah , saying. Ketika aku melangkahkan kaki memasuki gerbang perkawinan kita, aku sudah tahu seperti apa suami yang kupilih itu .aku bersedia mendapingnimu . aku tahu, apa tugas utamaku aisamping sebagai seorang ibu rumah tangga. Yaitu enghayati tugas suami dan menjaga mendorong utama karernya. Aku bersedia meninggalkan kota yang ramai dan aku sudah siyap mental menghadapi kesunyian dan kesepian macam apa pun . kau tak perlu sangksi . ( jeda sebentar. Pelan-pelan lampu kembali pada cahaya semula )
32.    Saenah : kini aku kembali menjadi sangksi tethadap dirimu. Mana idealismemu yang dulu itu? Tengoklah kekanan. Apakah jejeran buku-buku itu belum bias memberikan jawaban pada keadan yang kau hadapi sekarang? Disana ada jawaban yang diberikan oleh leo iris, Erich fromm, Emerson, atu Alfin Toffler . ya, malam-malam aku sering melihat kau membuka-buka buku-buku Erich Fromm yang berjudul the sane society atu future shock-nya  Toffler itu.
33.    Jamil  : apa yang kau ketahui tentang Erich Fromm dengan bukunya itu? Aku, Toffler?
34.    Saenah : tidak banyak. Tapi, yang kuketahui ada orang-orang yang mencari kekuatan pada buku-bukunya. Dan dia tidak akan mudur walu kehidupan pahit apa pun di sodorkan kepadanya. Karena iya mempunyai integritas diri lebih tinggi dan orang-orang yang menyebabkan kepahitan hidupnya. Apakah kau menyerah dalam hal ini? Ketika kau melangkahkan kakimu memasuki desa ini terlalu banyak yang akan kau sumbangkan padanya, ini harus kuakui. Tapi ini –akulah- kau menganggap desa ini terlalu banyak meminta dirimu.inilah resiko nhidup di desa. Seluruh aspek kehidupan kita disorot. Sampai-sampai soal pribadi kita dijadikan ukuran mampu tidaknya kita bertugas .dan, aku tahu hal itu . karena aku kenal kau. ( suasana menjani hening sekali . ) aku sama sekali tak menyalah kan kau .malah diam-diam menghargai kau, dan hal itu sudah sepantasnya.aku tidak ingin kau tenggelam begitusaja dalam suatu masyarakat atau atau dalam system yang jelek tapi telah membudaya dalam masyarakat  itu. Dimana pun kau berada . juga sekiranya kau bekerja di kantor . kau pernah dengan penuh semangat menceritan bagaimana noval karya Leo Uris yang berjudul OB VII. Disana uris menulis, katamu, bahwa seorang manusia harus sadar kemanusiyaannya harus berdiri tegak antara batas kegilaannya likungannya dan kekuatan moral yng seharusnyamenjadi pendukungnya. Betapa kecil kekuatan itu. Di sanalah kekuatan itu di uji ini bukan kuliyah aku tak menyutuji bila kau bicara soal kalah-menang dalam hal ini .tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang . dialg yang masih kurang.

35.    Jamil : Aku mungkin mulai meyadari apa benda yang hilang yang kukatakan tadi . generasi sekarang mengalami kesulitan dalam masalah hubungan antarsesama manusia .mereka mengalami apa yang disebut kekaguman intelektual . kita makin cemas, kita seakan-akan mengalami kemiskinan artikulasi. Bahkan,di bayangkan sekolah mengarang bukanlah menjadi pelajaran utama lagi , sementara semakin banyak gagasan yang harus diberitahukan ke segala sudut. Pertukaran pikiran makin dibutuhkan
36.    Jamil ; ya, seperti pertukaran pikiran mal ini .kita harus yakin akan manfaat pertukaran pikiran . ada gejala dalam masyarakat dimana orang kuat dan berkusa segan berkuasa segan bertukar pikiran .untuk apa, kata. Mereka . aku akan berkuasa.
37.    jamil : padahal, nasib suatu masyarakat tergantung pada hal-hal itu. Dan kita jangan melupakan kenyatan bahwa masyarakat itu bukan saja berada dalam konflik dengan orang-orang yang mempunyai sifat yang tidak sosial, tetapi sering pula konflik dengan sifat-sifat manusia yang paling dibutuhkan, yang justru ditekan oleh masyarakat itu sendiri.
38.    Saenah :itu kan Eric Fromm yang bilang.
39.    Jamil : memang aku mengutip dia .(dari kejauhan terdengar suara bedug shubuh kemudian adzan)
40.    Saenah : aduh , kiranya sudah subuh .pagi ini anak-anak menunggumu, generasi muda yang sangat membutuhkan kau .
41.    Jamil : aku kan tetap berada didesa ini, sayangku.
42.    Saenah  : aku kan tetap bersamamu . yakinlah. ( jamil menuntun istrinya ke kmar tidur. Musik melengking keras lalu pelan-pelan, sendu, dan akhirnya berhenti)

                                                                   (di kutip dari kumpulan drama remaja, Rumadi (ed)









Menemukan Unsur-Unsur Intrinsik Teks Drama yang Didengar
Melalui pembaca

            Seperti halnya prosa dan puisi, cerita drama dibangun atas unsur ekstrinsik dan intrinsik. Di dalam cerita drama, juga terdapat tema,amanat, karakteristik tokoh, alur, latar cerita dan dialog./satu unsure yang tidak ditemukan adalah sudut pandang cerita (point of view), karena drama merupakan seni berturut langsung.
            Namun, terkait sifat drama sebagai seni lisan itu, ada perbedaan cara menganalisis unsure intrinsik drama dengan novel atau cerpen. Dalam novel, latar dilukiskan secara verbal oleh pengarang ; sedangkan dalam derama, latar divisisualisasikan melalui dekorasi pamnggung dan di perkuat dengan efek-efek tertentu. Dalam prosa, karakterisasi sepenuhnya dilakukan secara dramatic melalui ekting pemin, kostum, make up, dan visualisasi latar dalam dekorasi panggung.dan diperkuat dengan efek-efek tertentu.dalam prosa, kerakterisasi sebagai di lakukan secara analitik 0leh pengarang; sedangkan dalam drama karakterisasi sepenuhnya dilakukan secara dramastik melalui acting pemain, kostum, make ap dan fisualisasio latar dalam dekorasi panggung. Dalam proposal, kejelasan unsure-unsur intrinsic di tentukan oleh kemampuan pegarang dalam menarasikan ceritanya; dalam drama tergantung kemampuan para pemain dan kru pendukungnya (piñata panggung, piñata rias wajah,piñata busana piñata cahaya dan suara)dalam memahami menerjemahkan dan menvisualisasikan ide cerita pengarang seperti yang tertuang dalam scenario?naskah.
           

Geladi diri
Jawablah pertanyaan-pertanyaan untuk mengungkapkan unsure-unsur intrisip crita drama: badai sepanjang malam
  1. apa tema crita drama tersebut
  2. siapakah nama-nama tokoh dalam drama-drama tersebut
  3. bagaimanakah karakter atau watak dari tokoh-tokoph tersebut
  4. diskripsikan deminsi sosial dan fisik dari tokoh-tokoh tersebut
  5. bagaimanakah latar waktu dan tempat crita
  6. sebutkan amanat dan pesan moral yang hendak di sampikan melalui drama tersebut
mengedentifikasi alur dan konflik dalam crita drama

adegan drama terdiri atas rangkaian kejadian yang saling berhubungan dan membentuk jalinan craita yang tersebut alur atau plur. Kejadian yang satu manjadi sebab atau akibat bagi kejadian yang lain. Ditinjau dari arah gerak critanya alur dibeedakan atas alur maju (progresi/linier)dan alur mundur (regresi).
Alur maju atau disebut juga alur kronologis (alamiaha) doiaewali dengan eksposisi adegan ditampilannya tokoh-takoh penting dan latar kehidupanbnya. Disusul konflik, yaitu munculnya persoalan akibat terjadinya perselisian tokoh. Bila k0onflik itu tidak teratasi, akan membesar, meluas dan menjadi konfleks dalam tahap konflimasi ini, banyak tokoh lain yang terseret dalam persoalan. Puncak dari konflik, yaitu klimaks, saat persolan mencapai titik paling menegangkan. Biasanya ini merupakan bagian yang paling menebarkan dan yang di nanti-natikan oleh penonton. Sebelum menuju ke alur crita atau konluksi, tokah mengalami peredaan masalah atau anti klimaks.









Bila d gambarkan, grafik alur cerita yang bergerak maju yang seperti di atas adalah sepertti berikut.




 
klimaks

komplimasi

eksposisi

Konflik

antiklimaks

konklusi








            Dalam alur maju, sering kali terjadi klias balik crita (flashback), yaitu cerita berbalik sejenak ke masa lalu. Berbeda dengan alur maju, crita alur mundur  dimulai dari bagian akhir. Namun, ada juga yang di awali dari tengah cerita. Alur seperti ini di sebut sebut sebagai alur gabungan.
            Cerita dalam drama tidak akan bergerak apabila semua tokoh memiliki watak, sikap, pandangan, dan harapan yang sama. Crita bergerak karena muncul konflik yang di picu oleh adanya perbedaan-perbedaan antar tokoh. Konflik tidak slalu terjadi secara eksternal, yaitu antar tokoh dengan dirinya sendiri(konflik  internal. Selain itu konflik juga dapat terjadi antara tokoh dengan dirinya sendiri keadaan alamiah dan sosial budaya  di sekelilingnya dan dengan kepercayaan/keyakinan hidupnya ( konflik batin/moral). Konflik sosial biasanya terjadi saat tokoh tidak mampu beradaptasi dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.

Geladi kelompok

Berdikusilah dengan beberapa temanmu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut.
  1. ditijau dari pergerakan ceritanya, bagaimanakah alur yang dipergunakan dalam cerita drama “badai sepanjang malam”?
  2. identifikasi tahap-tahap alurnya, dimulai dari awal hingga akhir cerita!
  3. apakah dalam cerita tersebut terdapat flashback? Bila ada tunjukan bagian tersebut.
  4. manakah bagian cerita di atas yang menjadi klimaks?
  5. konfliks apa sajakah yang di alami tokh utama? Berikan bukti adanya konflik-konflik tersebut 
  6. Presentasikan hasil diskusimu didepan kelas dan berikan tanggapan secara kritis







geladi diri
  1. simaklah drama/sinetron televisi atau sandiwara radio
  2. identifikasi unsure-unsur intriksikyang terdapat dalam cerita drama tersebut
  3. buatlah laporan secara sederhana dan kumpulkan kepada gurumu untuk diperiksa. Jangan lupa tuliskan nama stasiun radio/televisinya tanggal dan jam tayang judul dramanya!

Uji teori
  1. sebutkan unsur-unsur intrisik yang terdapat dalam drama!
  2. samakan unsur-unsur intrisik pada drama dan pada novel/cerpen? Jelaskan!
  3. apa perbedaan antara alur maju dan alur munjur?
  4. apakah yang dimaksud dengan flashback? Samakan dengan alur mundur?
  5. sebutkan tahap-tahap perkembangan alur maju!
  6. apakah yang dimaksud dengan konflik dalam cerita?
  7. sebutkan edan jelaskan secara singkat macam-macam konflik!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar