A. MEMBACA.
Menemukan ide pokok suatu suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata
per menit
Di kelas VII
semester 1. kamu sudah mengasah kompentensi membaca cepat suatu teks dan
menemukan ide-ide pokoknya. pada waktu itu, kamu dituntut untuk dapat menemukan
ide pokok teks dengan kecepatan membaca 250 kpm( kata per menit). Apakahselama
ini kamu terus mengasah kemampuan itu dan apakah kompentensimu dalam
keterampilan tersedut semakin membaik.?
Pada
kesempatan ini, kamu di ajak kembali untuk menguasai kompetemsi tersebut,
tetapi tentu dengan kualifikasi dan standart yang lebih yinggi. Kalian akan
berlatih menemukan ide pokokmembaca cepat 300-350 per kata .
Namun
sebelumnya, perlu kamu ingat hal-hal penting yang perlu di perhatikan berkaitan
dengan membaca cepat .untuk mengingat hal-hal tersebut.jawab lah pertanyaan
berikut.
1.
Saat membaca cepat, boleh kah jari bergerk menuntuk ke
kata yang sedang di baca.?
2.
Kemanakah
arah gerakan mata yang efekltif saat membaca cepat?
3.
Saat
membaca cepat di ysahakan tidak melakukan regresi. Apa yang di maksut regresi?
4.
Selain
tidak meelakukan vokalisasi, juga tidak boleh melakukan subvolisasi karna akan
mengganggu konsentrasi. Apa yang dimaksut subvolisasi ?
5.
Salah
satu cara meningkatkan kemampuan membaca
cepat adalah memperluas jangkauan mata baca. Bagaimanakah cara menghitung
jangkauan arah mata membaca?
6.
Bagaimanakah
cara menghitung kecepatan membaca cepat ?
Kemampuan membaca cepat harus
diimbangi dengan kemampuan untuk memahmi infomasi atau pesn yang disampaikan
dalam teks. Tampa
kemampuan tersebut, catatan waktu yang baik tidak begitu berarti. Untuk itu,
kamu harus terus berlatih memusatkan pikiran atau konsentrasi agar kemampuan
dalam menangkap informasi yang disampaikan semakin baik.
Geladi
Diri.
1.
Sikap
konsentrasimu.
2.
Membaca
teks tersebut dengan kecepatan 350 kmp atau selama 1 menit pergunaan stop watch atau arloji untuk mengukur
waktu membacamu.
3.
Setelah
selesaimembaca segera matiklan stop wartch dan lihat berapa wktu yang kamu
pergunakan.
4.
Sambil
membaca tangkap gagasan pokok yang
disampaikan setiap paragraph. Perhatikan kata-kata kunci yang ditandai secara
kusus.
Menuju Industri Sepak Bola
1. HARAPAN kompetisi liga Indonesia
(ligina) menjadi sebuah industri mungkin masih lama. Tapi, BLI selalu
otoritaspelaksanaan kompetisi, tentu menginginkan hal itu menjadi secepatnya.
Caranya, dengan berbagai regulasi baru yang sifat nya wajib tetapi dapat
dilaksanakan para kontestan.
2. Mnejer kompetensi BLI, joko Dyiyono,
mengatakan agar tim bias memiliki sebuah empowerment (kewenangan) atinya
memasuki masa tranmisi kompetisi menuju laga super 2008, tim peserta kompetisi
mulai menyiapkan segala sesuatunya sebagai tim yang berstatus professional.
3. Dari sini, kontestan harus
mampu mengembangkan potensi mereka sehingga kedepan tersebut mulai menajemenya
tidak menggantungkan dana dari sang pemilik saja, seperti pemerintah atau kabupaten tempat itu berdomosi.
4. “Kalau bicara nilai jual, penonton indomnesia adalah sebuah harta
karun. Jadi, jumlah orang yang memadati stadion perlu dikembangkan sehingga bias menghasilkan pemasukan bagi
tim. Tapi, skatang kenyataan itubelum ada padahal, selain memiliki manfaat besar, juga mampumenarik iklan bagi
tim itu,” kata Joko.
5. Gambaran yang di gunakan
joko terkaitperkembangan tim selama ini. Sebab, untuk menuju laga super,
harapan kepada peserta kopetisi adalah kemandirian. Apalagi, selamaini tim
sangat bergantug pada suatu sumber dana saja. Namun, joko berharap pemerintah
tetap miliki peran bagi tim hal itu berhubungan dengan banyaknya klub yang
hidup di biayai pemerintah daerah.
6. “Kompetisi di negera ini berbeda dengan di inggris. Kalau sitem mereka. Laga adalah memiliki klub dari bawah ke atas. Tapi
di Indonesia, peserta kompetisi mengikuti intruksi dari faderasi dan itupun
sama dirasakan di mayoritas sebab dalam lima tahun kedepan BLI optimistik keinginan itu akan bisa
berjalan,” ular Joko
7. Joko slalu mengungkapkan, pada ligina
2006 lalu, BLI memiliki tujuan strategis. Progam itu salah satunya mengenai
manajerial tim. Karena itu., dengan manual laga Indonesia (MLI) terbar,
sejumlah aturan dan saran di harapkan bias di pahami tim.
8. “Mungkin, ada tim yang merasakan banyak sekali aturan. Tapi, semua
ituberkait dengan masa depan mereka. Artinya. Banyak sekali sehingga tim jangan
berpikir ancaman sangsi itu berat, tetapi dengan pembelajaran mereka untuklebih
baik,” tandas Joko.
Bagaimana catatan waktumu pada saat membaca teks di
atas? Apakah kurang pas, ataulebih dari satu menit, berapa kemampuan membaca cepatmu masih perlu di
tingkatkan. Untuk mengetahui beberapa sebenarnya kecepatan membacamu, hitunglah
dengan rumus sebagai berikut.
|
Julah kata yang di baca
Jumlah detik untuk
membaca
Contoh : Apabila kamu membaca teks tersebut
dalam waktu 1,5 menit, berarti kecepatan membacamu adalah 233 kpm, dengan
rician penghitungannya sebagai berikut.
|
Seperti
di katakana di atas, mekipun kamu mempunyai catatan waktu yang baik,
kemampuanmembaca cepatmu kurang jika tidak di sertai kemampuan menangkap dan
memahami informasi teks yang di baca. Kamu di katakana berkemampuan membaca
cepat yang baik apabila catatan waktu tidak melebihi batas waktu yan di
tentukan dan mampu memahami 75% dari seluruh isi paragraf.
Mengidentifikasi Ide Pokok Teks Bacaan Dengan
Menggunakan Kata Kunci.
Apakah kamu sudah menangkap
gagasan-gagasan pokok paragraf pada teks bacaan “menuju industri sepak bola”
tersebut ?untuk mengetahuinya, tuliskan dalam tabel di bawah ini gagasan_gagasan pokok yang berhasil kamu tagkap. Untuk
membantu dan memepermudah kamu dalam menemukan ide pokok itu, pergunakan kata
–kata kunci yang di berikan (ingat,selama menjawab kamu tidak memperkenanakan
membaca lagi teks tersebut!)
Paragraf
|
Kata Kunci
|
Ide Pokok
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
Industri
Empowerment
Potensi
Harta karun
Kemandirian
Inggris
Tujuh program
aturan
|
Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan pekerjaan teman.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat dengan
Memperluas Jangkauan Mata
Salah
satu kebiasaan buruk membaca adalah jarak antara tulisan dengan mata telalu
dekat. Selain bias menyebabkan mata cepat rusak, hal ini juga membuat
jangjkauan pandangan mata jadi sempit. Jangkauan mata yang sempit, memaksa mata
untuk bayak bergerak dan berpindah. Gerakan mata yangterlalubanyak akan membuat
mata cepat lelah. Jika mata lelah atau sakit, akan menuntukan daya kunsentrasi
dan akibatnya akan memengaruhi kemampuan otak dalm menangkap informasi yang di
sampaikan dalam teks.
Kemampuan
membac cepat dapat di perbaiki dengan meningkatkan luas jangkauan mata. Cara
yang pertama, yaitu menciptakan jarak baca yang baik, yaitu nminimal 30 cm.
bnerikutnya, yaitu dengan mengatur gerakan mata sehingga bekerja lebih efektif.
Gerakan mata pada saat membaca tulisan bukan
mengarlir dan mengambang liar, tetapi terfokus atau terarah, (fixae) pada satu
objek (kata atau frsa)yang menjadi sasaranya, kemudian bergerak melompat ke
objek berikutnya. Jadi, mata bergerak secara teratur dengan pola: mata bergerak dari satu kata atau frasa,
melompat ke kata /frasa berikutnya, berhenti sejenak, melompat lagi ke kata
atau frasa yang lain, dan seterusnya . semakin singkat waktu untuk berheni,
berarti semakin baik.
Geladi Diri
1. Bacalah garis-garis
frasa berikut ini. satu frasa haris di baca sekaligus, tidak boleh dieja per kata . pusat kan pandangan mata dengan kata yang ada di
sebelah kanan dan kirinyamata tidak boleh bergerakke samping tetapi kebawah.
BIDANG
OLAH
RAGA
BULU
TANGKIS
PUTRA
BOLA
VOLI
PUTRI
KOSTUM
SEPAK
BOLA
LIMA
MEDALI
EMAS
DEMAM
PIALA
DUNIA
CLUB
PERSIJA
JAKARTA
ASEAN
GAMES
QATAR
PRIMERA
LIGA
SPANYOL
JUAN
MANUEL
FANGIO
GOL
BUNUH
DIRI
TIGA
LIMA
TUJUH
INVITASI
BOLA
BASKET
ATLIT
TENIS
MEJA
2. Baca teks berikut secara cepat dengan
jangkauan mata 3-4 kata. Maksutnya sekali memandang mencangkup 3-4 kata.
Bacalah dengan mengikuti kata yang sudah ditandai ulangilah bebera[pa kali
sampai kau dapat melakukan tampa
kesulitan.
Kiper pertsmaunth ini / tidak pantas berada / di tim yang
kalah. / james menunjukan dirinya / masih pantas jadi / kipper ter baik
inggris / dia ber ulang kali /mematahkan serangan chasela / untukmembuat
portmounth / terhindar kekalahan / yang lebih besar. / penampilan james di
laga ini / mendukung klain pelatih harry rednapp/ kalaudirinya pantas /
kembali masuk tim nas inggris. /
|
3. Bacalah teks berikut baris demi baris dengan
gerakan mata ke bawah. Mulailah membaca dari garis vertikal kiri dan pindahlah
ke baris berikutnya sebelum sampai ke garis vertikal kanan. Dengan cara ini
kamu berlatih mengurangi gerakan mata dan tidak membiasakan diri terfokus pada
kata demi kata
Pilih Nonton El Clasico
![]() |
|||
![]() |
|||
SANTIAGO, Benabeau
pekan ini kedatanga tamu istimewa. Si cantik
Scarlett Johansson yang hadir di markmenas besar Real Madrid itu untuk menyaksikan pertandingan antara Real Madrid melawan Barcelona.
Bagi pendukung kedua tim keberadaan artis
berusia 21 tahun ini mungkin bisa
mengubah hawa panas duel El Clasico di ibu kota Spanyol jadi menyejukkan
Kedatangan selebritis
di Bernabeu merupakan sesuatu yang wajar. Namun, kehadiran wanita asal New York ini adalah pemandangan langka. Pasalnya saat ini,
pemeran Kay Lake dalam The Black Dahlia
ini, sedang populer di Spanyol.
Poster-poster dan papan iklan (billboard) besar bergambar dirinya bertebaran di seantero negeri matador itu.
Namun, satu hal
yang paling membuat Raul Gonzales dkk bangga adalah keputusannya yang lebih mementingkan hadir di stadion daripada datang ke gedung bioskop. Pasalnya, di hari yang sama juga
digelar pemutaran perdana filmnya yang
disutradarai Brian de Palma itu.
(CR-21)
Uji Kompetesi
|
1.
sikap konsentrasimu
2.
secara serentak, telah mendengar aba-aba yang di
berikan guru,baca teks berikut dengan keepatan 350 kmp.
3.
setelah waktu 73 menit, gurumu akan memberi tanda
berhenti dan kamu harus segera menutup buku mu.
4.
sambil membaca tangkaplah gagasan pokok yang di
berkan setiap paragraph perhatikan kata - kata kunci yang di tandai secara kusus
|
Perketat Standar dengan
Lisensi
1
Musim
lalu, PSSI sudah memberikanstandart minimal seorang untuk pelatih yang dapat
memegang tim divisi Utama. Dalam pertandingan itu di sebutkan , pelatih tim
divisi harus mengantongi tersebut, PSSI dan ban liga Indonesia (BLI) berharap
konstenta kopetisi Indonesia
menjadi baik.
2
Sayang, peraturan itu tinggal sebuah tulisan diatas
kertas. Tak ada ketegasan dan realisasi di lapangan. Muslim 2006, tak sedikit
pelatih divisi utama yang baru mengantongi sertifikasi dibawah setandar yang
ditetapkan BLI mesti fakta kemudian menunjukkakn bahwa sertifikat tidak
menjamin sukses atau tidaknya seoramng pelatih .
3
Kini, menyambut musim 2008 –tempatnya era liga super-,
BLI kembali mengeluarkan peraturan baru.sebelumnya, syarat minimal
sertifikat B untuk pelatihdevisi utama
digeser menjadi liga super. Artinya,untuk klup yang masuk dalam liga super,
pelatihnya minilam mengantongi sertifikat B.
4
Tak mudah untuk memenuhi setandar minimal tersebut
.meski indonesia
meiliki banyak pelatih,jumblah mereka yang memiliki sertifikat B dan A masih dapat
dihitung jari. Mayoritas dari merekat baru mengantongi sertifikat C.
5
Oleh karena itu ,menjadi tugas PSSI untuk bias
meningkatkan srtifiak dari pelatih Indonesia.’’sesua permintaan BLI ,
pada saat liga super pelatih tim konstestan minimal harus memiliki lesensi B.
untuk itu , sebelum kompetisi mendatang dimulai , kami melaksanakan ujian ini.
Kami akan mendatangkan langsung instruktur dari AFC dan itu telah sesuai
prosudur ,”kata nugraha besoes, sekjen PSSI, kepada SINDO.
6
Nugraha mengatakan,pelatih Indonesia sebenarnya memiliki
potensi besar untuk berkembang dan bersaing dengan arsitek asal luar negeri .”
sosial potensi berlatih local, terutama yang masih berusia muda, memiliki
kemajuan yang bagus. Sayng, mereka kadang memiliki litensi yang tak sesuai, apalagi
berlatih dengan sayart minimal dibutuhkan untuk tim professional,” tutor mantan
pembian mastrans bandung
raya ini.
7
Oleh karena itu,PSSI berencana menggelar tes
peningkatan lisensi jika. Tidak ada langganan, mereka akan menggelar lisensi
pada 27 nofember di batu,malang.
Dan ternyata, peminatnya sangat banyak. Tercatat telah 27 pelati terdaftar dan
menerima panggilan PSSI untuk menjalani pelatihan selam 3 pekan
8
“Sebelemnya,.PSSI
banyak akan memanggil 24 orang, tapi bertambah 3 karena antusiasismenya sangat
tinggi soal mekanisme, semua akan ditangani AFC langsung. Metreka mengirim
intruktur asal singapura Robert limlee hat. Jadi, PSSI hanya sebagai
penyelenggara tidak akan ikut campur dalam acara ini,” ujar direktur teknis
PSSI iswasdi idris
9
Lalu, apakah lisensi kemudian menjadi generasi akan
sukses? Belum tentu. Melihat fakta dilapangan kualitas pelatih tidak hanya
diukur dengan nilai diatas kertas. Salah satuna sumbangkit mengantongi lisensi
C, sumbangkit membawa persikapas pasuruan menjadi semi finalis liga Indonesia
2006 atu M khider yang membawa PSMS medan meraih gelar piala bang yos.(estu
santoso) ( 430 kata)
(dikutip dari Koran sindo,23 november 2006.)
Identifikasi dan tulislah dalam
table dibawah ini gagasan pokok yang terdapat dalam teks diatas.pergunakan
kat-kata kuynci yang di berikan.(ingat, selama jawaban
kamu tidak perkenankan membaca lagi teks diatas)
Paragraf
|
Kata kunci
|
Ide pokok
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Setandat minimal
Diatas kertas
Peraturan baru
Tak mudah
Meningkatkan
Potensi besar
Teks
Antusiasme
Garansi
|
Jawablah dengan kalimat jawaban singkat pertanyan-pertanyaan
yang akan dilisankan oleh gurumu berikut ini!
1.
Apa
syarat seorang pelatih untuk dapat memegang tim divisi utama menurut ketentuan
yang di buat PSSI
2.
Apa
tujuan PSSI menentukan setandat minimal bagi pelatih yang memegang tim devisi
utama
3.
Bagaimanakah
realisasi ketentuan setandat minimal tersebut dilapangan
4.
Apakah
sertifikat bias menjadi jaminan keberhasilan seorang pelatih
5.
Bagaiman
kondisi seorang pelatih Indonesia saat ini berkaitan dengan setandar tersebut
6.
Apakah
nama sekjen PSSI
7.
Bagaimana
pelatihan sekjen PSSI terhadap potensi pelatih Indonesia saat ini
8.
Apakah
yang telah direncanakan PSSI berkaitan dengan penyelenggaran tes peningkatan
lesensi
9.
Bagaimana
antusiasime atau minat pelatih Indonesia terhadap tes peningkatan tersebut
10. Siapkan struktur dari luar yang
akan menangani kegiatan tes risensi tersebut
11. Siapakah subangkit itu
12. Apakah nama klup sepak bola yang
pernah meraih juara piala bang yos meskipun pelatihnya baru mengantongi risensi
C
Uji Teori
1.
Sebutkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menghambat
membaca cepat!
2.
Apa yang di maksut regresi dan subvokalisasi
3.
Bagaimanakah cara menghitung kcepatan membaca
4.
Bagaiamana jarak membaca ideal antara tulisan dengan
mata
5.
Bagaimanakah cara meningkatkan cara membaca cepat
6.
Bagaimanakah gerakan mata yang tepat pada saat membaca
cepat
B. BERBICARA
Mengungkapkan informasi melalui persentasi
Apakah
di sekolah mu pernah di selenggarakan kompetisi olahraga dengan melibatkan
banyak sekolah? Bagaimana kekiatan itu dapat diselenggara dan apakah kamu ikut
sibuk mengurusinya? Kendala apa saja pada saat penyelenggaraan aca tersebut?
Kopentisi
olahraga seakan sudah menjadi kegiatan pokok di sekolah-sekola.dalam kampanye
calon ketua OSIS pun,kompetisi olah
raga biasanya menjadi salahsatu progam unggulan yang di tawar kan untuk memikat
pendukungnya.selain untuk menyalurkan bakat
beroplahraga sarana untuk membanggun postif,konpetisi olahraga juga
menjadi sarana efektif membina persahabatan.namun,untuk
menyelanggarakannya,apalagi dalam sekala besar,bukan pekerjaan yang mudah perlu
persiapan yang lamaa dan panitia harus siap untuk betrjuang untuk menghadapi
berbagai rintangan yang menghadang.
Rintangan
pertama biasanya sudah muncul saat ide itu di lontarkan pada intitusi sekolah.
Meskipun kegiatan ini jelas jelas banyak menfaatnya , belum tentu pihak
otoritas sekolah(yayasan , kepala sekolah, dewan guru, atau komite sekolah)
serta merta menyetujuinya. Biaya yang kwahatiran dan alas an tidak merestuinya.
Setelah rintangan kedua lebih berat, yaitu masalah dana. Panitia harus memutar
otak bagaimana mendapatkan pemasukan untuk biaya operasional pnyelanggearaan
kegiatannya.
Semua
rintangan itu biasanya dapat di atasi siswa atau panitia hanya dengan menjual
kata kata d sertai dengan pendekatan persuasive dengan membuat rencana kegiatan
sejelas jelasnya dan rancangan kerja sedetail detailnya yang di tuangkan dalam
bentuk proposal , panitia menyakinkan dan memangaruhi pihak pihak terkait
sehingga akhirnya mereka percaya bahwa kegitan tersebut memang layak untuk
didukung.
Mempretasikan progam kegiatan/proposal
Proposal
biasanya hanya diserahkan atau dikrimkan kepada pihak pihak terkait. Setelah
beberapa hari, baru diminta respon atau tanggapannya. Cara ini sebenarnya
kurang efektif dan untuk proposal yang bertujuan
Mendapatkan dukungan perizinan,
cara ini biasanya dianggap tidak cukup.
Proposal
tertulis tiedak cukup untuk memuatsemua informasi yang ingin diketahui.
Proposal juga dapat menjawab berbagai pertanyaan yang muncul berkaitan dengan
acara yang akan diselenggarakan. Oleh karena itu, panitia penyelenggara diminta
untuk memepresentasikan proposal yang diajukan.
Mempretasikan
adlaah menyajikan suatu informasi atau laporan secara lisan atau bertatap muka
secara langsung. Suatu presentasi berhasil baik jika seluruh informasi yang disajikan sampai kepada pendengar
secara tepat dan tercapai tujuan yang diinginkan. Untuk bisa meraih keberhasilan itu, presenter harus
mengusai persolan/permasalahan yang hendak diinformasikan, mampu mamaparkan persoalan secara sistematis dan
efektif, dan mampu berkomunilkasi secara lisan dengan baik .
Berikut
ini langkah langkah persiapan yang
harus dilakukan sebelum presentasi proposal dilakukan.
A. Menganalisis
Permasalahan
1.
Mengidentifikasi Tujuan.
Adanya berbagai tujuan proposal.
Aproposal untuk mendapat restu
atau izin prisip kegiatan.,
mendapat dukungan partivikasi serta kegiatan dan untuk mendapatkan bantuan
dana. Presenter harus menetapkan dengan tegas, apa tujuan yang hendak di capai
dari kegiatan presentasinya. Hal ini berkaitan deangan reaksi yang diharapkan
muncul, apakah sekdar tau, yakin atau yakin dan mau membuat sesuatu seperti
yang diharapkan.
2.
Menganilisis Pendengar.
Sebelum presentasi dimulai,
presentasi harus menganalisis public yang akan menjadi pendengarnya. Kenali
latar belakang pendidikan, status social, dan tipikal karakter nya prediksi
respon yang mungkin muncul.sikap strategi untuk mengantisipasi reaksi-reaksi
yang tidak diharapkan.
B. Menyiapkan materi dan alat / media
komunikasi
Sudah pasti, dalam presentasi
akan banyak muncul pertanyaan kritis .oleh karena itu, harus benar-benar menguasai isi
proposalnya dan antar tim harus ada kesamaan persepsi. Untuk menekan banyaknya pertanyaan, proposal disampaikan
dengan sejelas-jelasnya. Untuk
itu.disiapkan pokok-pokok penting proposal secara lengkap dan dan sistematis.
Juga disiapkan table,grafik, atau ilustrasi untuk memperjelas uraian yang
disampaikan. Tidak klalah penting, siapkan peralatan pendukung, seperti OHP, laptop, USB, in focus, dan sound system. Seringkali, presentasi
tidak berjalan lancar karena
alat tidak dipersiapkan dan dites terlebih dahulu.
C. Mengadakan latihan
/simulasi
Presenter akan tampil lebih
percaya diri jika berlatih terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu ia latih
terutama sistematika penyajian dan Penguasan
materi. Selain itu, presenter juga perlu mensimulasikan dan Melatih bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang diprediksi Akan timbul cara / gaya berbicra yang menarik dengan memerhatikan Intonasi dan ekspresi wajah.
Tugas Kelompok
1.
Bentuklah
kelompok beranggotakan 4-6 siswa
2.
Bermusyawarahlah
untuk merancang sebuah kegiatan kopetensi olahraga degan mengundang
sekoplah-sekolah lain yang nada di kotamu. Rencanakan dengan tepat dan terini
sehingga kegiatan ini benar-benar dapat dilaksanakan .
3.
Susunlah
sebuah proposal ditujukan pada pimpinan sekolah/yayasan untuk mendapat
persetujuan ( izin prinsip ) dan
dukungan penyelenggaraan kegiatan tersebut.
4.
Ketiklah
dengan rapi dan bila akan disajikan dengan multimedia siapkan perangkat
peralatannya. Kerjakan tugas ini dirumah selama 2 hari
5.
Secara
bergantian , presentasi proposal kalian di depan kelas
Menaggapi Presentasi Proposal dengan Memberi Alasan yang Logis
Proposal kegiatan
skolah yang di susun OSIS, tidak hanya perlu dukungan dari otoritas sekolah ,
tetapi juga dari para siswa, oleh karena itu, parawakil siswa ( MPS) pun serimg
diundang untuk ikut mendengarkan presentasi kegiatan yang akan diselenggarakan.
Sebagai
wakil dari siawa, kamu harus bias berfikir untuk kepentingan siswa secara umum.
Dalam mencermati proposal yang diajukan,kamu harus melihat apakah kegiatan itu
sesuai aspirasi dan benar-benar membawa manfaat bagi siswa . juga perlu
dicermati sejauh mana akses atau dampaknya menimbulkan kerugian. Jka mnumpai
hal-hal yang merugikan dan tidak bermanfaat,perlu dipertanyakan untuk
mendapatkan klarifikasi. Agar tanggapanpun dapat direspon, maka harus
disampaikan dengan jelas,efektif, dan disertai alasa atau argument yang kuat.
Berikut ini beberapa
contoh panduan pertanyaan untuk menanggapi proposal
kegiatan
1.
apakah waktu pelaksanaan tidak mengganggu KBM?
2.
apakah pemilihan waktu penyelenggaran sudah
memerhatikan factor cuaca?
3.
apa antisipasi panitia terhadap kemungkinan terjadi
pertikaian antarseporter?
4.
seandainya penggalangan dan tiodak mencapai target,
apakah acara akan dipaksakan jalan dengan dana sedanya?
5.
apakah pemilihan cabang yang dipertandingkan sudah
memperhatikan potensi siswa yang ada di sekolah kita?
6.
apakah pemberian konsumsi kepada panitia setiap hari
itu dapat di tinjaulagi mengingat danamya terbatas?
Uji Kopetensi
|
Lihatlah kembali kegiatn gladi kelompok
dihalaman sebelumnya .
1.
Berilah
tanggapan secar kritis untuk setiap proposal yang di tampilkan
2.
Carilah
celah-celah yang bias menjadi alasan untuk menolak rencana yang diajukan
dalam proposal
3.
Ajukanlah
pertanyaan-pertanyaan untuk memperjelas isi proposal
4.
Sampaikan
tanggapanmu dengan kalimat yang efektif berikan argument atau alasan yang
logis setiap siswa memberi tanggapan minim satu kali
|
Uji Teori
|
1.
Apa fungsi proposal
2.
Secara umum,apasajakah bagian-bagian pokok proposal
3.
Sebutkan cara untuk system matika proposal
4.
Sebutkan macam-macam jenis proposal menurut
kepentingannya
5.
Apa sajakah hal yang perlu disiapkan sebelum
melakukan presentasi proposal
6.
Prelatan apasajakah yang perlu dipersiapkan untuk
presentasi proposal
|
C .MENDENGARKAN
Membacakan Tes Di Drama dengan Intonasi dan Eksprsi Sesuai Karakter Pokok.
Tunjukan tiga orang siswa putra dan
putri untuk membacakan naskas drama berikut ini.dua siswa memerankan Tokoh Jamil dan Saenah dan satu siswa bertindak sebagai narrator meskipun tanpa akting ,naskah dibacakan
dengan intonasi dan espresi dan sesuai karakter pokok.untuk itu, sebelum
membacakan siswa yang bertugas di beri kesempatan terlebihdahulu untuk memahami
dan mengespresikan karakter tokoh.
Semaklah baik-baik bacaan tersebut dan
sambil menyemak idententisipasilah unsure-unsur intrinsip yang ada.
Badai sepanjang Malam
Oleh Max Arifin
Para pelaku:
- Kamil,seorang guru SD brumur 24 tahun
- Saenah, istri jamilah berusia 23 tahun
- Kepala Desa,suara flashback
Seting : ruangan depan sebuah rumah desa pada
malam hari.di dinding ada lampu minyak menyala.ada sebuah meja tulis tua.di
atas nya ada beberapa buku besar.kursi tamu dari rotan sudah agak tua.dekat
dinding ada balai-balai.sebuah radio transistor juga tampak di atas meja.
Suara : Suara jangkrik.suara burung
malam.gonggongan anjing di kejauhan. Suara adzan shubuh
Musik : Sayup-sayup terdengar
lagu Asmaradahana
,lewat suara sandu sebuah Seluring.
Note : kedua suami istri memperhatikan pola
kehidupan di kota dengan kata lain,mereka berdua memang berasal dari kota.
Tampak pada cara dan bahan pakaian yang mereka kenkan pada malam hari itu.
Mereka juga memperlihatkan sebagai orang yang baik-baik hanya idealisme yang
menyala-nyala yang menyebabkan mereka
berada di desa terpencil itu.
Begitu layar tersingkap ,nampak jamil sedang asyik
membaca kakinya ditelusurkan ke atas kursi di depannya sekali-kali ia
memijit-miit keningnya dan membaca lagi kemudian ia mengangkat mukanya
memandang jauh kedepan merenung dan kembali lagi pada bacaannya di kejauhan
terdengar salak anjing melengking sedih jangkrik juga menghiasi suasana malam
itu di kejauhan terdengar seruling penuh pilu membawakan asmaradahana.
1.
Jamil : menyambar
rokok di atas meja dan menyulutnya .asap berkepul keatas.pada saat itu istrinya muncul dari balik
pintu kamar
2.
Saenah : kau
belum tidur juga? Kukira sudah larut malam beristirahatlah, besok kau hari kerja?
3.
Jamil : Sebentar,saenah.
Seluruh tubuhku memang sudah lelah ,tapi pikiranku masih saja mengambamg kesana
kemari .biasa, kan aku begini malam-malam
4.
Saenah : Baiklah.tapi,boleh
aku tahu apa yang kau pikirkan malam ini?
5.
Jamil :
Semuanya,semunya
apa yang kupikirkan selama ini sudah kurekam dalam buku haran ku.saenah
perjalanan hidup seorang guru muda yang di tempatkan suatu desa
terpencil-seperti klaulan ini merupakan lembaran-lembaran terbuka bagi semua
orang
6.
Saenah : Mengapa baru kali ini ku
beri tahukan hal itu pada ku ? kau seakan-akan menyiman suatu rahasia atau
memang rahasia
7.
Jamil : Sama
sekali bukan rahasai ,sayangku! Malam-malam di tempat terpencil seakan
memanggil aku untuk diajak merenungkan sesuatu.dan, jika aku tak bias memenuhi
ajakannya aku akn mengalami semacam frustasi. Memang pernah sekali, suatu malam
yang mencekam ,ketika aku sudah tidur dengan nyenyak ,tiba pada suatu
persimpangan jalan di mana aku tidak boleh memilih .pasrah.saja .apa yang bias
ku lakukan di tempat di sesunyi ini ? (diya menyambar buku hariyannya yang
terletak di atas meja dan membalik-balikannya )coba kau baca catatanku
tanggal……(sambil masih membalik-balik)…………..ini tanggal 2 oktobrer 1977
8.
Saenah ; (membaca)
“sudah setahun aku bertugads di klaulan. Suatu tempat yang terpacak tegak
seperti karang di tengah lautan, sejak desa ini tertera dalam petani bumi. Dari jauh dia angker, tidak bersahabat:
panas dan debu melecut tubuh. Ia kering keronta, gersang. Apakah aku akan
menjadi penonton yang ombang-ambingkan oleh ….. Barang tontonan nya. Setahun telah lewat dan selama itu manusia
ditelan oleh alam” ( berhentiu sejanak, dan seanah mengeluh ;memandantg sesaat
pada jamil sebelum membaca lagi) “ aku belum menemukan kejantanan di sini.
Orang-orang seperti sulit berbicara tentang hubungan dirinya dengan alam.
Sampai dimana kebisuan ini bisa diderita? Dan. Apakah akan diteruskan oleh generasi-generasi yang setiap ku hadapi?
Apakah disni tidak dapat dikatakan adanya kekejaman.” (saenah berhenti membaca
dan langsung menatap pada jamil)
9.
Jamil : Kenapa kau berhenti? Janagn tatap akau
seperti itu saenah.
10.
Saenah : Apakah
tulisan ini tidak keterlaluan? Bisakah temukan kejujuran di dalamnya?
11.
Jamil : kejujuran
kupertaruhkan di dalamnya, saenah aku bisa mengatakan, kita kadang-kadang
dihinggapi oleh sikap-sikap munafik dalam suatu pergaulan hidup. Ada
ikatan-ikatan yang meharuskan kita berkata “ya!”terhadap apapun,sekalipun dalam
hati kecil kita berkata “tidak” kejujuran mendorong aku berkata, “tidak”,
karena aku melatih diri menjadi orang yang setia kepada nuraninya. Aku juga
tahu, masa kini yang di cari adlang orang-orang yang mau berkata “ya”. Yang
berkata”tidak” akan disisihkan. (diam sejenak) memng sulit, saenah. Tapi itulsh
hidup yang sebenarnya terjadi. Kecuali kalau kita mau melihat hidup ini indah
diluar, bobrok didalam. Itulah masalahnya. (suasana menjadi hening sekali. Di
kejahuan terdengar salak anjing berkepanajngan)
12.
Saenah
:
Aku
tidak berpikir sampai ke sana. Pikiran sederhana saja. Kau masih ingat
tentuknya, ketika kita pertama kali tiba disini, ya, setahun yang lalu. Tekadmu
untuk berdiri di depan kelas, mengajar generasi muda itu agar merka menjadi
pandai, idealismemu menyala-nyala. Waktu itu kita d sambut oleh kepala desa
dengan pidato selamat datangnya. (saenah lari masuk. Jamil terkejut. Tetapi,
sekejap mata saenah muncul sambil
membawa tape recorder!) ini putarlah
tape ini. Kaurekam peristiwa waktu itu. (saenah memutar tape itu, kemudia
mendengarkan suara kepala desa) “….kami ucapkan selamat edatamng ke[pada suara
jamil dan istri. Inilah tempat kami. Kami harap saudar abetah di tempat ini.
Betah menjadi guru disini. Untuk tempat saudara berlindung dari oanas dan
angin, kami telah menyediakan pondok barang kali tidak perlu baik bagi saudara.
Dan apabila anda memandang bangunan SD yang Cuma tiga kelas itu, ddidngnya
telah robek, dan daun pintunya telah cepot, lemari-lemari telah reyot, lonceng
sekolah bekas pacul tua yang tak di pakai lagi. Semuanya, semuanya menjadi
tantangan bagi kita bersama. Selama itu, kami perkenalkan dua guru lain yang
sudah lama tahun bekerja disini. Yang ini adalah saudara sahli. Yang berkaca
mata itu adalah saudara hasan. Kedatangan saudara akan memperkuat tekat kami
untuk membangun generasi muda disini harapan seperti ini adalah harapan saudara
sahli. Dan saudara hasan tentunya.” (saenah mematikan tape. Diam, agak lama
jail menunduk, sedang saenah memandang kepada saenah. Pelan-pelan jamil
mengangkat tangannya. Mereka berpandangan)
13.
Saenah : Semua
bicara baik-baik saja waktu itu dan semuanya berjalan wajar.
14.
Jamil : Apakah
ada yang tidak wajar pada diriku sekarang ini ?
15.
Saenah : Kini
aku yang harus bertanya : jujurkah pada nuranimu sendiri? Penilaian terahir
pada hati mu. Mampukh kau membuat pengdilan yang tidak memihak pada kepada
nuranimu sendiri? Kaena bukan sikap mestahil sikap keras kepalalah yang berdiri
di belakang semuanya itu. Terus terang dari hari ke hari kita seperti terdesak
di masyarakat yang kecil ini.
16.
Jamil : Apakah
masi harus ku katakana bahwa akutelah berusah aberbuat jujur dal berbuat
tindakanku. Kau menyalah kan aku karena aku terlalu banyak bilang “tidak “
dengan setiyap dialog dengan sekitarku.tapi,itulah hatiku yang ikhlas mental
msyarakat seperti katamu itu tidak terbatas di desa aja, tapi juga berada di
kota.
17.
Saenah : Kau tidak memahami masyarakatmu.
18.
Jamil : Masyarakat itulah yang tidak memahami
aku.
19.
Saenah : Siapa yang salah dalam hal ini?
20.
Jamil : Masyarakat
21.
Saenah : Yang menang.
22.
Jamil : Aku.
23.
Saenah :
Lalu?
24.
Jamil : Aku mau pindah dari sini. ( diam.lama
sekali mereka berpandangan )
25.
Saenah : (dengan
suara rendah ) aku kira itu bukan suatu penyelesaian .
26.
Jamil : (keras) sementara memang itulah
penyelesannya.
27.
Saenah : (keras
) tidak! Mesti ada sesuatu yangn hilang antara kau dengan masyarakat mue.selama
ini ku membanggakan dirimu sebagai seseorang idialis.idealis sejati.malah.
apalah arti kata itu bila kau sendiri tidak bias dan tidak mampu bergaul akrab
dengan masyarakatmu.( diyam )
(lemah diucapkan ) aku terkenang masa itu, ketika kau
membujuk aku agar aku mu dating kemari
(sorot terbalik dengan mengubah warna cahaya pelan-pelan. Memakai
potentiometer. Bias hijau muda atuau warna lainnya yang agak kontras dengan
warna semula. Musik sendu mengalun)
28. Jamil ; Aku mau hidup jauh dari kebisingan, saenah. Aku
tertarik dengan kehidupan sunyi di desa, dengan penduduknyan yang polos dan
sederhana . di sana, aku ingin melihan manusia seutuhnya . manusia yang belum
dipoles sikap-sikap munafik dan pulasan belaka . aku harap ku menyambut
keinginanku dengan gembira dan dan kit bersama-sama kesana .di sana, tenagaku
lebih diperlukan dari dikota .dan ,tentu banyak yang dapat aku lakukan .
29. Saenah : Sudah kupikirkan baik-baik ? pretrjuangn disana berarti
di luar jangkauan perhatian.
30. Jamil : Aku bukan orang yang membutuhkan perhatian dan
publikasi . kepergianku kesana bukan dengan harapan untuk menjadi guru teladan
coba bayangkan ,siayapa pejabat yang bias memikirirkan kesulitan seoprang guru
yang bertugas di sembalun , umpamanya? Betul mereka menerima gaji tiyapm bulan.
Tpi. Dari hari ke hari dicekam kesunyian, dengan senyum secercas terbayang di
bibirnya bila menghadapi anak bangsanya . dengan alat-alat serba kurang mungkin
kehabisan kapur., tetapi hatinya tetap disaana .aku bukan orang yang
membutuhkan publikasi , tapi ukuran-ukuran dan nilai-nilai seorang guru didesa
perlu di renungkan kembali .ini bukan ilusi atau igauan dimalam sepi, saenah . sementara,
teman-teman dikota mempunyai kesempatan untuk hal-hal yang sebaliknya dari kita
ini .itulah yang mendorong aku, mendorong hatiku untuk melamar bertugas didesa
ini .
31.
Saenah : Baiklah , saying. Ketika aku
melangkahkan kaki memasuki gerbang perkawinan kita, aku sudah tahu seperti apa
suami yang kupilih itu .aku bersedia mendapingnimu . aku tahu, apa tugas
utamaku aisamping sebagai seorang ibu rumah tangga. Yaitu enghayati tugas suami
dan menjaga mendorong utama karernya. Aku bersedia meninggalkan kota yang ramai
dan aku sudah siyap mental menghadapi kesunyian dan kesepian macam apa pun . kau
tak perlu sangksi . ( jeda sebentar.
Pelan-pelan lampu kembali pada cahaya semula )
32. Saenah
: kini aku kembali menjadi sangksi tethadap dirimu. Mana idealismemu yang dulu
itu? Tengoklah kekanan. Apakah jejeran buku-buku itu belum bias memberikan
jawaban pada keadan yang kau hadapi sekarang? Disana ada jawaban yang diberikan
oleh leo iris, Erich fromm, Emerson, atu Alfin Toffler . ya, malam-malam aku
sering melihat kau membuka-buka buku-buku Erich Fromm yang berjudul the sane
society atu future shock-nya Toffler
itu.
33. Jamil : apa
yang kau ketahui tentang Erich Fromm dengan bukunya itu? Aku, Toffler?
34. Saenah : tidak banyak. Tapi, yang kuketahui ada
orang-orang yang mencari kekuatan pada buku-bukunya. Dan dia tidak akan mudur
walu kehidupan pahit apa pun di sodorkan kepadanya. Karena iya mempunyai
integritas diri lebih tinggi dan orang-orang yang menyebabkan kepahitan
hidupnya. Apakah kau menyerah dalam hal ini? Ketika kau melangkahkan kakimu
memasuki desa ini terlalu banyak yang akan kau sumbangkan padanya, ini harus
kuakui. Tapi ini –akulah- kau menganggap desa ini terlalu banyak meminta
dirimu.inilah resiko nhidup di desa. Seluruh aspek kehidupan kita disorot.
Sampai-sampai soal pribadi kita dijadikan ukuran mampu tidaknya kita bertugas
.dan, aku tahu hal itu . karena aku kenal kau. ( suasana menjani hening sekali . ) aku sama sekali tak
menyalah kan kau .malah diam-diam menghargai kau, dan hal itu sudah
sepantasnya.aku tidak ingin kau tenggelam begitusaja dalam suatu masyarakat
atau atau dalam system yang jelek tapi telah membudaya dalam masyarakat itu. Dimana pun kau berada . juga sekiranya
kau bekerja di kantor . kau pernah dengan penuh semangat menceritan bagaimana
noval karya Leo Uris yang berjudul OB
VII. Disana uris menulis, katamu, bahwa seorang manusia harus sadar
kemanusiyaannya harus berdiri tegak antara batas kegilaannya likungannya dan
kekuatan moral yng seharusnyamenjadi pendukungnya. Betapa kecil kekuatan itu.
Di sanalah kekuatan itu di uji ini bukan kuliyah aku tak menyutuji bila kau
bicara soal kalah-menang dalam hal ini .tidak ada yang kalah dan tidak ada yang
menang . dialg yang masih kurang.
35. Jamil : Aku mungkin mulai meyadari apa benda yang hilang yang
kukatakan tadi . generasi sekarang mengalami kesulitan dalam masalah hubungan
antarsesama manusia .mereka mengalami apa yang disebut kekaguman intelektual .
kita makin cemas, kita seakan-akan mengalami kemiskinan artikulasi. Bahkan,di
bayangkan sekolah mengarang bukanlah menjadi pelajaran utama lagi , sementara
semakin banyak gagasan yang harus
diberitahukan ke segala sudut. Pertukaran pikiran makin dibutuhkan
36. Jamil ; ya, seperti pertukaran pikiran mal ini .kita
harus yakin akan manfaat pertukaran pikiran . ada gejala dalam masyarakat
dimana orang kuat dan berkusa segan berkuasa segan bertukar pikiran .untuk apa,
kata. Mereka . aku akan berkuasa.
37. jamil : padahal, nasib suatu masyarakat tergantung
pada hal-hal itu. Dan kita jangan melupakan kenyatan bahwa masyarakat itu bukan
saja berada dalam konflik dengan orang-orang yang mempunyai sifat yang tidak
sosial, tetapi sering pula konflik dengan sifat-sifat manusia yang paling
dibutuhkan, yang justru ditekan oleh masyarakat itu sendiri.
38. Saenah :itu kan Eric Fromm yang bilang.
39. Jamil : memang aku mengutip dia .(dari kejauhan
terdengar suara bedug shubuh kemudian adzan)
40. Saenah : aduh , kiranya sudah subuh .pagi ini
anak-anak menunggumu, generasi muda yang sangat membutuhkan kau .
41. Jamil : aku kan tetap berada didesa ini, sayangku.
42. Saenah : aku
kan tetap bersamamu . yakinlah. ( jamil menuntun istrinya ke kmar tidur. Musik
melengking keras lalu pelan-pelan, sendu, dan akhirnya berhenti)
(di kutip dari kumpulan drama remaja, Rumadi (ed)
Menemukan Unsur-Unsur
Intrinsik Teks Drama yang Didengar
Melalui pembaca
Seperti
halnya prosa dan puisi, cerita drama dibangun atas unsur ekstrinsik dan
intrinsik. Di dalam cerita drama, juga terdapat tema,amanat, karakteristik
tokoh, alur, latar cerita dan dialog./satu unsure yang tidak ditemukan adalah
sudut pandang cerita (point of view),
karena drama merupakan seni berturut langsung.
Namun,
terkait sifat drama sebagai seni lisan itu, ada perbedaan cara menganalisis
unsure intrinsik drama dengan novel atau cerpen. Dalam novel, latar dilukiskan
secara verbal oleh pengarang ; sedangkan dalam derama, latar divisisualisasikan
melalui dekorasi pamnggung dan di perkuat dengan efek-efek tertentu. Dalam
prosa, karakterisasi sepenuhnya dilakukan secara dramatic melalui ekting pemin,
kostum, make up, dan visualisasi latar dalam dekorasi panggung.dan diperkuat
dengan efek-efek tertentu.dalam prosa, kerakterisasi sebagai di lakukan secara
analitik 0leh pengarang; sedangkan dalam drama karakterisasi sepenuhnya
dilakukan secara dramastik melalui acting pemain, kostum, make ap dan fisualisasio latar dalam dekorasi panggung. Dalam
proposal, kejelasan unsure-unsur intrinsic di tentukan oleh kemampuan pegarang
dalam menarasikan ceritanya; dalam drama tergantung kemampuan para pemain dan
kru pendukungnya (piñata panggung, piñata rias wajah,piñata busana piñata
cahaya dan suara)dalam memahami menerjemahkan dan menvisualisasikan ide cerita
pengarang seperti yang tertuang dalam scenario?naskah.
Geladi diri
Jawablah pertanyaan-pertanyaan untuk mengungkapkan
unsure-unsur intrisip crita drama: badai sepanjang malam
- apa tema crita drama tersebut
- siapakah nama-nama tokoh dalam drama-drama tersebut
- bagaimanakah karakter atau watak dari tokoh-tokoph tersebut
- diskripsikan deminsi sosial dan fisik dari tokoh-tokoh tersebut
- bagaimanakah latar waktu dan tempat crita
- sebutkan amanat dan pesan moral yang hendak di sampikan melalui drama tersebut
mengedentifikasi alur dan konflik dalam
crita drama
adegan drama terdiri atas
rangkaian kejadian yang saling berhubungan dan membentuk jalinan craita yang
tersebut alur atau plur. Kejadian yang satu manjadi sebab atau akibat bagi
kejadian yang lain. Ditinjau dari arah gerak critanya alur dibeedakan atas alur
maju (progresi/linier)dan alur mundur (regresi).
Alur maju atau disebut juga alur kronologis
(alamiaha) doiaewali dengan eksposisi adegan ditampilannya tokoh-takoh penting
dan latar kehidupanbnya. Disusul konflik, yaitu munculnya persoalan akibat
terjadinya perselisian tokoh. Bila k0onflik itu tidak teratasi, akan membesar,
meluas dan menjadi konfleks dalam tahap konflimasi ini, banyak tokoh lain yang
terseret dalam persoalan. Puncak dari konflik, yaitu klimaks, saat persolan
mencapai titik paling menegangkan. Biasanya ini merupakan bagian yang paling
menebarkan dan yang di nanti-natikan oleh penonton. Sebelum menuju ke alur
crita atau konluksi, tokah mengalami peredaan masalah atau anti klimaks.
Bila d gambarkan, grafik alur
cerita yang bergerak maju yang seperti di atas adalah sepertti berikut.
![]() |
klimaks
|
komplimasi
|
eksposisi
|
Konflik
|
antiklimaks
|
konklusi
|

Dalam
alur maju, sering kali terjadi klias balik crita (flashback), yaitu cerita berbalik sejenak ke masa lalu. Berbeda
dengan alur maju, crita alur mundur
dimulai dari bagian akhir. Namun, ada juga yang di awali dari tengah
cerita. Alur seperti ini di sebut sebut sebagai alur gabungan.
Cerita
dalam drama tidak akan bergerak apabila semua tokoh memiliki watak, sikap,
pandangan, dan harapan yang sama. Crita bergerak karena muncul konflik yang di
picu oleh adanya perbedaan-perbedaan antar tokoh. Konflik tidak slalu terjadi
secara eksternal, yaitu antar tokoh dengan dirinya sendiri(konflik internal. Selain itu konflik juga dapat
terjadi antara tokoh dengan dirinya sendiri keadaan alamiah dan sosial budaya di sekelilingnya dan dengan
kepercayaan/keyakinan hidupnya ( konflik batin/moral). Konflik sosial biasanya
terjadi saat tokoh tidak mampu beradaptasi dengan nilai-nilai yang berlaku di
masyarakat.
Geladi
kelompok
Berdikusilah dengan beberapa
temanmu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut.
- ditijau dari pergerakan ceritanya, bagaimanakah alur yang dipergunakan dalam cerita drama “badai sepanjang malam”?
- identifikasi tahap-tahap alurnya, dimulai dari awal hingga akhir cerita!
- apakah dalam cerita tersebut terdapat flashback? Bila ada tunjukan bagian tersebut.
- manakah bagian cerita di atas yang menjadi klimaks?
- konfliks apa sajakah yang di alami tokh utama? Berikan bukti adanya konflik-konflik tersebut
- Presentasikan hasil diskusimu didepan kelas dan berikan tanggapan secara kritis
geladi
diri
- simaklah drama/sinetron televisi atau sandiwara radio
- identifikasi unsure-unsur intriksikyang terdapat dalam cerita drama tersebut
- buatlah laporan secara sederhana dan kumpulkan kepada gurumu untuk diperiksa. Jangan lupa tuliskan nama stasiun radio/televisinya tanggal dan jam tayang judul dramanya!
Uji
teori
- sebutkan unsur-unsur intrisik yang terdapat dalam drama!
- samakan unsur-unsur intrisik pada drama dan pada novel/cerpen? Jelaskan!
- apa perbedaan antara alur maju dan alur munjur?
- apakah yang dimaksud dengan flashback? Samakan dengan alur mundur?
- sebutkan tahap-tahap perkembangan alur maju!
- apakah yang dimaksud dengan konflik dalam cerita?
- sebutkan edan jelaskan secara singkat macam-macam konflik!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar