Paragraf berikut
untuk menjawab soal nomor 1-3.
1)
Pendidikan
anak usia dini akan mempersiapkan anak menghadapi masa depannya, seperti
menghadapi masa sekolah. 2) Di lembaga pendidikan anak usia
dini, anak-anak sudah diajari dasar-dasar cara belajar. 3) Mereka belajar
dengan cara yang mereka ketahui, yaitu bermain. 4) Permainan yang menarik hanya
mereka peroleh dari sekolah. 5) Melalui bermain yang diarahkan, mereka bisa
belajar banyak hal, seperti cara bersosialisasi, penyelesaian masalah, negosiasi,
manajemen waktu, resolusi konflik, berada dalam grup besar atau kecil,
kewajiban sosial,
serta 1-3 bahasa.
Sumber:http//www.iswandibanna.com/2011/02/alasan-penting-nya-pendidikan-anak-usia.html
1.
Ide
pokok paragraf di atas adalah …
A. Pendidikan anak
usia dini akan mempersiapkan anak menghadapi masa sekolah.
B. Masa depan
seorang anak ditentukan oleh pendidikan anak usia
dini.
C. Anak-anak sudah
diajari cara belajar di pendidikan anak usia
dini.
D. Di pendidikan
anak usia
dini anak-anak sudah diperkenalkan belajar melalui bermain.
E. Kegiatan bermain
akan memberi
banyak pelajaran bagi anak untuk bersosialisasi.
2.
Kalimat
utama paragraf di atas terletak pada kalimat nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
3.
Kalimat
penjelas yang tidak mendukung kalimat utama di atas adalah kalimat nomor….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.
1) Pendidikan anak
usia dini sangat penting karena pada masa itu anak memasuki usia periode emas
untuk memperoleh proses pendidikan. 2) Berdasarkan penelitian, 50% kemampuan
kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun, 80%
kemampuan kecerdasan orang dewasa telah terjadi saat anak berumur 8 tahun, dan
mencapai titik kulminasi ketika anak berumur 18 tahun. 3) Dengan kata lain,
perkembangan kecerdasan anak dalam kurun waktu empat tahun sama besarnya dengan
perkembangan kecerdasan anak dalam waktu 14 tahun berikutnya. 4) Ini berarti
periode emas pertumbuhan anak merupakan periode kritis pertumbuhan anak. 5)
Periode emas ini hanya datang satu kali, maka gunakan sebaik mungkin.
4.
Kalimat
yang mengandung fakta dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor ….
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 5)
C. 2) dan 3)
D. 3) dan 4)
E. 4) dan 5)
5.
Kalimat
yang mengandung pendapat/opini dalamparagraf di atas
terdapatpada kalimat nomor ….
A. 1) dan 3)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 3)
D. 3) dan 4)
E. 3) dan 5)
Bacalah paragraf
berikut dengan cermat!
Orang
tua perlu meningkatkan intelegensi anak demi mempersiapkan mereka masuk
sekolah.Persiapan intelegensi anak sebelum masuk sekolah ini dilakukan karena
sekolah saat ini meminta persyaratan yang cukup tinggi dari kualitas seorang
siswa.Anak-anak sudah harus memiliki kreativitas yang tinggi sejak kecil. Oleh
sebab itu, anak-anak yang memiliki intelegensi yang tinggi akan lebih mudah
menerima dengan baik semua yang diajarkan. Mereka akan memiliki kepercayaan
diri yang tinggi, lebih mudah beradaptasi, lebih mudah menerima hal-hal yang
baru. Intelegensi anak ini bisa dikembangkan
jauh sebelum mereka
masuk sekolah.Kondisi seperti inilah yang menempatkan orang tua sebagai guru
pertama dan utama bagi anak-anaknya dalam program pendidikan informal yang
terjadi di lingkungan keluarga.
Sumber:http//sadidalila.wordpress.com/2010/01/03/penting-nya-pendidikan-anak-usia-dini-di-indonesia/
6.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah …
A. Orang tua harus
mempersiapkan semua kebutuhan anak untuk menghadapi sekolah.
B. Saat ini sekolah
meminta persyaratan yang cukup tinggi dari kualitas seorang siswa.
C. Peningkatan
intelegensi anak harus dilakukan sebelum anak masuk sekolah.
D. Anak-anak yang
memiliki intelegensi tinggi akan sulit menerima pelajaran yang diajarkan di
sekolah.
E. Anak yang
memiliki intelegensi tinggi belum tentu memiliki kepercayaan diri tinggi.
Paragraf berikut
untukmenjawab soal nomor 7 dan 8.
Memiliki
anak, siap atau tidak, mengubah banyak hal dalam kehidupan orang tua. Pada
akhirnya mau atau tidak orang tua dituntut untuk siap menjadi orang tua yang
harus dapat mempersiapkan anak-anak agar dapat menjalankan kehidupkan masa
depan mereka dengan baik. Mengenal, mengetahui, memahami dunia anak memang
bukan sesuatu yang mudah.
Para
ahli sependapat bahwa peranan orang tua begitu besar dalam membantu anak-anak
agar siap memasuki gerbang kehidupan mereka.Jika
berbicara tentang gerbang kehidupan mereka, tentu akan membicarakan prospek
kehidupan mereka 20-25 tahun mendatang. Pada tahun itulah mereka masuk ke
kemandirian penuh, masuk ke dunia mereka yang independen yang sudah seharusnya
terlepas penuh dari orang tua karena keputusan-keputusan hidup mereka sudah
harus dapat dilakukan sendiri.Di sinilah peranan orang tua sudah sangat
berkurang. Sebagai orang tua, saat itu kita hanya dapat melihat buah hasil
didikan kita sekarang, tanpa dapat melakukan perubahan apa pun.
Sumber:http//sadidadalila.wordpress.com/2010/01/03/
pentingnya-pendidikan-anak-dini-di-indonesia/
7.
Tujuan
penulis menyampaikan informasi dalam paragraf di atas adalah …
A. Menjelaskan
kepada orang tua bahwa dunia anak penuh dengan warna dan berbeda dengan
kehidupan orang dewasa.
B. Mengingatkan
kembali kepada orang tua untuk membantu pertumbuhan anak mereka agar anak siap
memasuki gerbang kehidupan.
C. Memastikan
kepada orang tua untuk terus memantau kehidupan anaknya dari segi pertumbuhan
dan pergaulan dalam masyarakat.
D. Menjelaskan
kepada orang tua bahwa anak adalah perwujudan cinta kasih yang akan mengubah
kehidupan orang tua.
E. Mengimbau orang
tua untuk menjaga dan melindungi anak dalam situasi apa pun sehingga anak dapat
mengambil keputusan yang benar.
8.
Arti
kata prospek dalam paragraf di
atasadalah ….
A. masa depan
B. keuntungan
C. harapan
D. kemajuan
E. tujuan
9.
Bacalah kutipan biografi berikut dengan cermat!
Purdi E. Chandra
lahir di Lampung, 9 September 1959. Purdi sudah mulai berbisnis sejak ia masih
duduk di bangku SMA di Lampung, yakni ketika dirinya beternak ayam dan bebek,
lalu menjual telurnya di pasar. Setelah itu, Purdi benar-benar merintis
bisnisnya sendiri mulai 10 Maret 1982. Bisnisnya di mulai ketika
ia bersama teman-temannya mendirikan Lembaga Bimbingan Tes Primagama. Akhirnya
Lembaga Bimbingan Tes Primagama berubah menjadi bimbingan belajar.Saat mendirikan
bisnis lembaga pendidikan tersebut, Purdi masih tercatat sebagai mahasiswa di
empat fakultas dari dua perguruan tinggi negeri di Yogyakarta.
Namun
karena merasa “tidak mendapat apa-apa” ia meninggalkan bangku kuliahnya untuk
menggeluti dunia bisnis. Dengan “jatuh bangun” Purdi menjalankan Primagama.
Murid-muridnya hanya sedikit, bahkan semakin bisnisnya
terpuruk, ia tidak pernah putus asa. Ia tetap berusaha menjalankan bisnisnya.
Dengan modal kerja keras, Primagama sedikit
demi sedikit berkembang, dari semula hanya satu outlet denganhanya dua murid, kini murid Primagama sudah menjadi
lebih dari 100 ribu orang per tahun, dengan ratusan outletdi ratusan kota di Indonesia. Karena perkembangan itu,
Primagama akhirnya dikukuhkan sebagai Bimbingan Belajar Terbesar di Indonesia
oleh MURI.
Sumber:http//maksumpriangga.com/biografi-purdi-e-andra.html
Hal yang dapat
diteladani dari Purdi E. Chandra dalam kutipan biografi di atas adalah …
A. Memulai bisnis
sejak masih duduk dibangku SMP.
B. Memutuskan untuk
menjalankan bisnis lembaga bimbingan belajar.
C. Tercatat sebagai
mahasiswa di empat fakultas dari dua perguruan tinggi.
D. Ia tidak pernah
putus asa dalam bisnisnya meskipun kegagalan ada di depan mata.
E. Memiliki banyak
lembaga bimbingan tes di seluruh Indonesia.
Kutipan tajuk
rencana berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11.
Peredaran
narkotika dan obat-obatan terlarang, semakin marak di kalangan generasi penerus
bangsa. Buktinya, pada hari Minggu petang petugas menangkap empat siswa yang sedang berpesta
sabu-sabu. Mereka mengadakan pesta di salah satu apartemen mewah di sebuah kota
besar. Banyak dari mereka terbawa arus zaman dengan cara yang salah. Tanpa
pikir panjang, akhirnya para tunas bangsa ini menyelesaikan masalah dengan
mengonsumsi obat-obat terlarang. Uniknya, pelajar yang biasa mendapat
pengarahan baik dari guru maupun kepolisian saat orientasi siswa justru mulai
memakai barang haram ini.Barang haram ini cepat beredar di kalangan pelajar
karena anak-anak muda memiliki rasa penasaran yang besar terhadapsesuatu yang
baru.
Sumber:http//www.equator-news.com/klbar-raya/tajukrencana/20111020/narkotikarambah-pelajar
10. Opini penulis
dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah …
A. Peredaran
narkotika dan obat-obatan terlarang semakin marak di kalangan pelajar karena
pelajar memiliki pergaulan yang salah.
B. Peredaran
narkotika dan obat-obatan terlarang semakin marak di kalangan pelajar karena
mereka memiliki rasa penasaran terhadap barang yang baru.
C. Buktinya
banyaknya peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang adalah ditangkapnya siswa
yang sedang berpesta sabu-sabu.
D. Petugas
menangkap siswa yang sedang berpesta sabu-sabu diadakan di sebuah apartemen
mewah di sebuah kota besar.
E. Orang tua
seharusnya ikut mengawasi anak-anak mereka agar tidak terjerumus dalam dunia
narkoba dan obat-obatan terlarang.
11. Pihak yang
dituju dalam kutipan
tajuk rencana di atas adalah ….
A. masyarakat
B. generasi muda
C. pemerintah
D. orang tua
E. pihak kepolisian
Tabel berikut
untuk menjawab soal nomor 12 dan 13.
Berat Badan dan
Tinggi Rata-rata
Anak Prasekolah
Umur
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
||
Berat (kg)
|
Tinggi (cm)
|
Berat (kg)
|
Tinggi (cm)
|
|
1
2
3
4
5
6
|
8,1
9,6
11,4
13,0
14,4
15,8
|
71,3
79,4
86,4
93,5
101,9
108,0
|
7,6
9,3
11,0
12,6
14,2
16,2
|
71,3
78,4
85,3
92,5
100,0
105,7
|
12. Pernyataan yang
sesuai dengan isi tabel di atas adalah ….
A. Anak usia 1
tahun memiliki berat badan yang sama dengananak usia 3 tahun.
B. Tinggi badan
anak perempuan usia 3 tahun lebih tinggi bila dibandingkan anak laki-laki usia
3 tahun.
C. Tinggi badan
anak laki-laki lebih tinggi daripada anak perempuan karena anak laki-laki lebih
mudah tumbuh.
D. Anak usia 3-4
tahun baik laki-laki maupun perempuan memiliki berat badan yang paling berat.
E. Anak laki-laki
memiliki tinggi badan lebih tinggi daripada anak perempuan.
13. Simpulan yang
sesuai dengan isi tabel di atas adalah ….
A. Berat
badan anak-anak usia prasekolah sebanding dengan tinggi badan anak.
B. Pertambahan usia
anak diikuti kenaikan berat dan tinggi badan anak.
C. Berat badan anak
laki-laki dan perempuan pada usai yang sama selalu sama.
D. Berat badan anak
laki-laki lebih besar daripada berat badan anak perempuan.
E. Pertumbuhan
maksimal berat dan tinggi badan anak terjadi pada usia
3 tahun.
Kutipan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 14
s.d. 16.
Perkawinan Muda
Cik Leman dengan Gadis Cik Inam dilangsungkan dengan pesta yang sangat
meriah.Tujuh hari tujuh malam lamanya, tamu-tamu dari negeri tetangga
berdatangan memenuhi undangan.Rakyat negeri pun turut berpesta-pora.Aneka
makanan dan minuman lezat dihidangkan.Hiburan berupa tari-tarian,nyanyian, dan
musik merdu pun digelarkan.
Beras
berpuluh-puluh pikul dimasak, seolah-olah tiada cukup untuk menjamu tamu-tamu
yang berkunjung tiada henti-hentinya untuk mengucapkan selamat kepada
pengantin.Di samping itu, banyak di antara mereka yang datang ingin menyaksikan
kemolekan sepasang pengantin yang beritanya bendang ke mana-mana.Tak
puas-puasnya mereka melihat sepasang pengantin yang demikian sepadan.Si lelaki
tampan dan gagah, sedangkan si wanita cantik dan anggun.
Seberapa banyak
beras di masak, seberapa pula habis.Berapa banyak dihidangkan, semua licin
tandas.Para juru masak bertungkas lumus selama tujuh hari tujuh malam
menyediakan makanan dan minuman untuk tamu-tamu yang jangankan berkurang,kian
hari malah bertambah banyak. Pulang tamu dari negeri satu, datang pada
tamu-tamu dari negeri tetangga yang lain.Begitulah seterusnya.Musik tari,dan
nyanyi pun selama tujuh hari tujuh malam tiada henti-hentinya digelar untuk
menghibur para tamu.Dapat dikatakan tujuh hari tujuh malam Negeri Muar tidak
tidur.Mereka asyik dalam pesta-pora yang seolah-olah tiada berakhir.Muda Cik
Leman pun larut dalam kegelimangan pesta perkawinannya.Ia lupa sama sekali
dengan ramalan ahli nujum kerajan Galangan. Ia pun sudah lupa dengan pesan
Penglima Nayan dan Agung Selamat.
Tiga bulan sesudah Muda Cik Leman menikah. Raja Selatan
menyerahkan tahta Muar kepadanya.Muda Cik Leman memerintah negeri dengan
bijaksana.Baru tiga bulan Muda Cik Leman duduk di atas singgasana Muar, buah
pemerintahannya sudah dapat dirasakan oleh rakyat.Perdagangan semakin maju,
keamanan pun semakin terjamin sehingga rakyat dapat mencari nafkah dengan
tenang.Pertanian rakyat Muar pun maju sehingga banyak rakyat dari negeri
tetangga yang pindah ke Muar sehingga negeri itu semakin ramai.
Sumber: Sudarno Mahyudin, Hikayat
Muda Cik Leman,
Balai Kajian dan Pengembangan
Budaya Melayu, Yogyakarta, 2006
14.
Perbuatan
yang kurang lazim dalam kehidupan masyarakat saat ini yang tampak dalam kutipan
hikayat di atas adalah ….
A.
Menyelenggarakan
pesta pernikahan dengan meriah.
B.
Mengadakan
pesta perkawinan selama tujuh hari tujuh malam.
C.
Menghidangkan
berbagai makanan untuk pesta pernikahan.
D.
Berkunjung
menghadiri pesta pernikahan.
E.
Mengagumi
pasangan pengantin yang cantik dan tampan.
15.
Sikap
yang dapat diteladani dari Muda Cik Leman yang terdapat dalam kutipan hikayat
di atas adalah ….
A.
Melupakan
nasihat dari ahli nujum.
B.
Memiliki
sifat bijaksana sehingga mampu memerintah dengan baik.
C.
Mengadakan
pesta pernikahan dengan meriah.
D.
Menjamu
tamu-tamu dengan baik dan ramah.
E.
Menggelar
pesta pernikahan selama tujuh hatri tujuh malam.
16.
Amanat
yang terdapat dalam kutipan hikayat di
atas adalah ….
A.
Sebagai
pengusaha sebuah negeri harus memajukan negerinya.
B.
Merayakan
pesta pernikahan dengan meriah karena menikah hanya satu kali.
C.
Hadirilah
undangan pernikahan yang diadakan oleh teman.
D.
Serahkan
tahta kerajaan kepada orang yang masih muda.
E.
Memimpinlah
dengan bijaksana agar terjadi perubahan kearah yang lebih baik.
17. Bacalah kutipan
cerpen berikut dengan cermat!
1)
Mendengar
kekaguman orang-orang itu, Kurdi tersenyum-senyum. 2) Kesan bangga terasa
sekali terpancar dalam senyumannya. 3) Saat itu Kurdi tengah bercerita mengenai
rencananya membangun landasan yang tinggi. 4) Dua cara gupala membawa gada, katanya akan dijadikan penolak
bala, akan memberi kesan ekslusif. 5) Kolam ikan selebar kira-kira
3x4 meter akan dibangun tepat di bawah teras. 6) “Ya, jadi begitu. Besok jangan
lupa, lho, ya? Ajak teman-temanmu,
Kang Parjimin,” ujar Kurdi sembari menghembuskan asap.
Sumber: Hamdani M. W., “Rumah
dalam Romansa, Labuh, Jakarta, 2005
Bukti watak Kurdi yang sombong dalam kutipan cerpen
di atas terdapat dalam kalimat nomor ….
A.
1)
dan 2)
B.
2)
dan 3)
C.
3)
dan 4)
D.
4)
dan 5)
E.
5)
dan 6)
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan cermat!
Trimo terbangun
dari lamunan panjangnya, ketika rasa melilit-lilit itu sudah kembali menyerang
perutnya.Gelas di sampingnya sudah nyaris kosong sejak tadi.Ditenggaknya teh
yang tinggal sepertiga gelas.Rasa pahit mengguyur tenggorokannya.Pahit.Sepahit
nasibnya. Isterinya memang hampir tidak pernah menaburkan gula pasir ke dalam
teh minumannya. Ngirit, katanya.
Kalau mau manis, dia cukup mengunyah gula kelapa. Kalau pas ada, isterinya
selalu menyertakan sepotongan kecil gula kelapa di atas lepek kecil.
Trimo kembali
mengedarkan pandangannya ke bukit yang terhampar di depannya.Selama ini dia
telah bekerja keras membuat teras-teras di lerengnya, menanaminya dengan
jagung, kacang, dan ketela.Dia telah menyandarkan hidupnya pada lereng bukit
itu, menjual panenan yang tidak seberapa itu untuk hidup.Pandangan Trimo kabur
akibat rasa lapar yang menggigit dan silau matahari yang menyengat.
Mungkin, mungkin
inilah saat-saat terakhir kalinya dia mengerjakan tanah miliknya.Sejak saat ini
pun, tanah ini sudah bukan miliknya lagi. Usai panen depan menurut Pak Lurah,
di antara bukit-bukit kapur itu akan berdiri bangunan pabrik, dan batu-batu
kapur di balik bukit itu pun akan dipangkas, dikuras sampai habis.
Bangkit dari
duduknya, setengah terhuyung, Trimo berdiri menatap kearah puncak bukit.Mungkin
untuk terakhir kalinya.Beberapa saat kemudiandia berbalik, berjalan pulang.Dia
merasa sudah saatnya harus menyingkir.Menyingkir entah ke mana.
Sumber: Hamdani M.W., “Panen Terakhir” dalam
romansa, Labuh, Yogyakarta, 2005
18. Bagaimana
keadaan Trimo saat merasakan lapar dan silau karena sinar matahari yang terdapat
dalam kutipan cerpen di atas?
A. Merasakan pahit
yang luar biasa.
B. Pandangannya
kabur.
C. Terbangun dari
lamunannya.
D. Terhuyung-huyung
hendak jatuh.
E. Tidak bias
melihat.
19.
Bacalah kutipann askah drama berikut dengan cermat!
Bunda,
aku sekarang juga tidak apa-apa menjadi batu seperti ini.Tidak usah cemaskan
aku. Biarlah aku bias merasakan kesepian Bunda seperti ketika tinggal merantau
dulu.
Bunda
|
:
|
Tidak,
Malin. Bunda maklum kau tak kenal Bunda lagi. Ketika engkau pamit, Bunda
masih bugar bersinar. Setelah lewat tiga tahun, Bunda sering sakit dan ladang
kita telah tergadai. Kemudian aku mendengar angin berkabar Malin akan
berlabuh di pulau ini. Cepat-cepat aku berangkat. Aku menunggu kau di pantai.
Terus saja aku menatap cakrawala. Tanpa rumah berteduh, tanpa air untuk
berbasuh, tanpa kilau cermin. Berhari-hari. Kau bisa melihat betapa kacaunya
penampilanku. (Tertawa)
|
Malin
|
:
|
(Menangis
tambah keras)
Batulah aku. Batulah aku. Betapa durhakanya aku, Bunda. Bertahun-tahun tega
meninggalkan ibunya sendiri dalam sakit dan melarat. Anak macam apa aku ini,
Bunda. Aku memang pantas jadi batu, Bunda ….
|
Bunda
|
:
|
Malin.
Semua itu perintah lautan anakku.
|
Malin
|
:
|
Ketika
aku turun ke pantai ini, kakiku berdarah-darah amat perihnya. Aku tak bisa
bayangkan kalau yang berjalan itu kau, Bunda. Berlaksa depa menapak, turun
lembah naik bukit, ditampar malam dihajar siang, didera lapar, dalam lara dan
nestapa. Kemudian mendapatkan hadiah ditolak anaknya. Betapa ini sangat
menyakitkan, Bunda. Aku anak terkutuk, Bunda.
|
Bunda
|
:
|
Aku
telah rela, Anakku. Toh, akhirnya kerinduan telah terbayarkan, Malin.
|
Malin
|
:
|
Tapi
aku mencampakkan kau, Bunda.
|
Bunda
|
:
|
Karena
kau tidak tahu. Udara laut telah menyihir mata kau. Kau menganggap aku
gelandangan atau orang gila. Kau pasti tidak membayangkan kalau aku bunda
kau.
|
Malin
|
:
|
Bunda
terlalu ingat pada anak, hingga lupa diri sendiri. Aku pun tak tahu diri,
hingga lupa kepada bunda sendiri.
|
Sumber:
Lakon Remaja, “Malin The End Scene”
Karya M.S. Nugroho
Masalah yang
diungkapkan dalam kutipan naskah drama di atas adalah …
A. Penyesalan
Bunda telah mengutuk
Malin menjadi batu.
B. Penyesalan
Malin karena telah durhaka kepada ibunya
C. Pertemuan ibu
dan anak yang membawa petaka
D. Kutukan ibu
kepada anaknya sehingga anaknya menjadi batu
E. Anak yang tidak
tahu diri sehingga melupakan ibunya
Puisi berikut
untuk menjawab soal nomor 20-22.
Kecewa
Ditengah suatu pandang yang luas,
Kelihatan benda indah cemerlang;
Berkilat-kilatan ditimpa panas,
Menyilaukan mata gilang gemilang.
Tetapi tuan alangkah kecewa,
Benda yang indah penarik mata;
Kusangka intan kiranya embun,
Setitik air di atas embun.
Sebatang belukar
tumbuh dipagar,
Indah bunga
memikat mata;
Kusangka
mawar’kan jadi penawar,
Kiranya kecubung
racun berbisa.
Karya: Selegoeri, Pandji
Poestaka. Thn. XI, No. 24
20. Makna kata mawar dalam puisi di atas adalah ….
A. keindahan
B. kebahagiaan
C. kesedihan
D. harapan
E. kekayaan
21. Maksud puisi di
atas adalah ….
A. Seseorang yang
kecewa karena apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang ia dapatkan.
B. Seseorang yang
kecewa karena tidak mendapat barang yang indah.
C. Kekecewaan dapat
dialami oleh setiap orang saat apa yang diinginkan hilang begitu saja.
D. Kekecewaan yang
datang dan pergi dalam kehidupan seseorang.
E. Kekecewaan akan
datang manakala orang tidak puas dengan apa yang dimiliki.
22. Suasana yang tergambar
dalam puisi di atas adalah ….
A. sedih
B. haru
C. kalut
D. gelisah
E. takut
23. Bacalah pantun
berikut dengan cermat!
Bunga kenangan di atas kubur,
Pucuk sari pandan
jawa.
Apa guna sombong dan takabur,
Rusak hati badan binasa.
Isi pantun di
atas mengungkapkan ….
A.
Sombong
dan takabur membuat orang menjadi tidak berguna.
B.
Sombong
dan takabur dapat membuat orang jatuh dalam masalah.
C.
Sifat
sombong dan takabur harus dijauhi semua orang.
D.
Orang
yang sombong dan takabur akan mati dan menderita.
E.
Tidak
ada gunanya memiliki sifat sombong dan takabur.
24. Bacalah kutipan
gurindam berikut dengan cermat!
Menolong sesama wajib dan perlu,
Tetapi tolonglah diri dahulu.
Maksud kutipan gurindam di atas adalah ….
A.
Orang
harus menolong orang lain yang kesusahan sebelum menolong diri sendiri.
B.
Orang
harus memperhatikan diri sendiri dahulu sebelum menolong orang lain.
C.
Orang
harus memikirkan diri sendiri dahulu daripada orang lain.
D.
Jangan
memikirkan orang lain, tetapi pikirkanlah diri sendiri.
E.
Menolong
orang lain lebih penting daripada memikirkan diri sendiri.
25. Bacalah
kalimat-kalimat berikut dengan cermat!
1)
Untuk
mendapatkan efek ini, seorang peneliti menyarankan untuk mengonsumsi 2 gram
minyak ikan setiap hari.
2)
Omega-3
bekerja dengan cara meningkatkan efek obat antidepresan, jadi bukan bekerja
secara tunggal.
3)
Selain”menajamkan”
otak, ternyata omega-3 juga efektif menangkal depresi.
4)
Penelitian
menunjukkan bahwa suplementasi asam lemak ini bisa mengurangi depresi.
5)
Kandungan
lemak yang membentuk jaringan otak kita dibentuk dari asam lemak omega-3.
Urutan kalimat di atas yang tepat untuk dijadikan
paragraf yang padu adalah nomor ….
A.
3)-5)-1)-2)-4)
B.
3)-5)-4)-2)-1)
C.
4)-3)-2)-1)-5)
D.
4)-5)-2)-1)-3)
E.
4)-5)-2)-1)-3)
26. Bacalah paragraf
generalisasi berikut dengan cermat!
Pendidikan anak usia dini berusaha membina menumbuhkan,
dan mengembangkan seluruh potensi usia dini secara optimal. Pembinaan ini akan
membentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya.
Dengan pembinaan ini siswa akan lebih siap untuk memasuki tahap pendidikan
selanjutnya. Pendidikan anak usia dini juga membangun landasan bagi
perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa.
Selain itu, pendidikan anak usia dini akan mengembangkan potensi kecerdasan spiritual,
intelektual, dan emosional ….
Sumber: http//tunas63.wordspress.com/2010/06/15/fungsi-tujuan-dan-jenis-paud/
Kalimat
simpulan yang sesuai untuk melengkapi paragraf generalisasi di atas adalah …
A. Pendidikan anak
usia dini memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak.
B. Anak perlu
mendapat pendidikan usia dini.
C. Pembinaan usia
dini sangat membantu perkembangan anak.
D. Pendidikan anak
usia dini membantu anak menjadi manusia yang bertakwa dan beriman.
E. Dengan
pendidikan anak usia dini, anak dapat mengembangkan seluruh potensi anak.
27.
Bacalah paragraf analogi berikut dengan cermat!
Tentu
Anda pernah melihat orang yang memanjat pohon. Untuk sampai ke puncak pohon, ia
harus berusaha dengan keras. Banyak tenaga yang harus ia keluarkan.
Perjalanannya menuju puncak pohon tidaklah mulus, kadang terpeleset dan jatuh
lagi ke bawah.Begitu pula jika seseorang ingin menjadi juara kelas.Ia harus
berusaha dan bekerja keras dalam belajar. Terkadang nilai yang ia dapatkan
belum memuaskan, tetapi ia harus tetap berjuang dan belajar …..
Kesimpulan yang
tepat untuk melengkapi analogi di atas
adalah ….
A. Orang yang naik
pohon lebih hati-hati agar sampai di puncak pohon dengan selamat dan
mendapatkan apa yang ia inginkan.
B. Oleh karena itu,
orang yang ingin meraih juara kelas tidak boleh putus asa seperti orang yang
memanjat pohon sebelum keinginannya terwujud.
C. Orang yang ingin
menjadi juara kelas harus berjuang siang dan malam seperti orang yang ingin
mencapai puncak pohon harus memanjat siang dan malam.
D. Semakin tinggi
pohon yang dipanjat, semakin banyak pula halangan dan rintangan untuk sampai di
puncak pohon.
E. Seseorang yang
ingin menjadi juara kelas harus belajar dengan tekun dan mengalahkan semua
masalah yang dihadapinya.
28. Bacalah paragraf
deskripsi berikut dengan cermat!
Danau Poso
merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia.Danau Poso memiliki panorama alam
yang sangat indah.Udara di sekitar danau sangat sejuk.Bukit-bukit dan
hutan-hutan yang berada di sekeliling danau memberi kesan teduh pada Danau
Poso. Uniknya, air Danau Poso ini tidak pernah keruh walaupun terjadi banjir di
anak sungai …. Keunikan lain yang ditemukan di Danau Poso adalah Danau Poso
memiliki dua jenis warna pasir di pinggir danaunya, yaitu pasir putih dan pasir
kuning keemasan.
Sumber:
M. Purwati, Pesona Wisata Sulawesi Tengah Kalten, Intan Pariwara, 2010
Kalimat
deskripsi yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. Banjir tidak
akan memengaruhi kondisi danau.
B. Padahal banjir
sering terjadi di anak sungai.
C. Danau Poso tidak
terjadi dianak sungai.
D. Warna air Danau
Poso selalu saja jernih.
E. Airnya juga
tetap tenang.
29.
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Pendidikan
keagamaan untuk anak harus dilakukan sejak usai dini.Sejak kecil anak-anak
diajarkan untuk mengenal agama.Anak dibimbing untuk menjalankan ajaran-ajaran
agama yang mereka anut.Selain itu, orang tua juga harus memberi contoh yang
baik dalam menjalankan agama. Setelah dewasa, ….
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi paragraf akibat di atas adalah ….
A. anak-anak
tersebut akan menjadi pandai beribadah
B. anak-anak
tersebut selalu berada dalam lindungan orang tua
C. anak yang
dididik agama sejak kecil akan menjadi manusia yang bertakwa
D. anak-anak bertakwa
adalah anak-anak yang rajin beribadah
E. anak-anak
menjadi dekat dengan orang yang beragama
30.
Bacalah kutipan teks pidato berikut dengan cermat!
Saudara-saudara yang saya cintai.
Pendidikan
adalah hal yang penting bagi kita. Pendidikan akan membuka cakrawala ilmu
pengetahuan dan wawasan kita. Dengan pendidikan pula kualitas kita sebagai
sumber daya manusia meningkat.Namun sayang, banyak anak seusia kita belum
mendapat pendidikan yang layak karena keterbatasan biaya. Kita seharusnya
bersyukur bisa mengenyam pendidikan dengan baik ….
Kalimat persuasi
yang sesuai dengan isi kutipan teks pidato di atas adalah …
A. Oleh karena itu,
mari kita belajar dengan tekun dan tidak menyia-nyiakan pendidikan yang kita
miliki.
B. Oleh karena itu, kita harus mengisi hidup ini
dengan belajar dan belajar.
C. Kita harus
menolong anak-anak yang belum mendapatkan pendidikan dengan layak.
D. Mari, sebagai
generasi muda, kita membangun negara ini dengan rajin belajar.
E. Kita harus
mendorong orang lain untuk terus belajar dan belajar.
31.
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Pendidikan
anak usai dini (PAUD) bermanfaat bagi anak karena anak akan menyukai pelajaran.
Orang tua berharap agar anaknya tumbuh menjadi orang yang sehat, … cerdas, dan
cerai. Sayanglah, banyak kalangan menilai … pendidikan di Indonesia belum dapat
membekali anak dengan kompetensi dasar yang diperlukan untuk … dan mengupayakan
kehidupan yang lebih baik di masa depan. Sebagian besar orang tua juga tidak
mampu menanggung biaya pendidikan anak-anaknya.Kendala biaya kerap menjadi faktor
utama penghalang anak mengakses pendidikan.
Sumber:
http//pendidikan.timlo.net/baca/6249/manfaat-pendidikan-anak-usai-dini
Kata baku yang
tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. bertakwa,
system, mempertahankan
B. bertakwa,
sistem, mempertahankan
C. bertakwa,
sistim, memertahankan
D. bertakwa,
sistem, memertahankan
E. bertakwa,
sistim, memertahankan
32.
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Mata
pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari
sekolah dasar. Tujuannya untuk membekali peserta didik dengan kemampuan
berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan …dalam
memberikan pelajaran Matematika kepada siswa, guru hendaknya lebih memilih
berbagai … pendekatan, strategi,… yang sesuai dengan situasi sehingga tujuan
pembelajaran yang direncanakan akan tercapai. Perlu diketahui bahwa baik atau
tidaknya suatu pemilihan model pembelajaran akan bergantung
tujuan pembelajarannya, kesesuaian dengan materi pembelajaran,
tingkat perkembangan peserta didik (siswa), kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran serta mengoptimalkan sumber-sumber belajar yang ada.
Sumber:
http//kisaranku-blogspot.com/2010/02/contoh-makalah-pendidikan.html
Kata serapan
yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. kreatif,
fariasi, metode
B. kreatif,
variasi, metode
C. kreatif,
fariasi, metoda
D. kreativ,
variasi, metoda
E. kreativ,
fariasi, metoda
33.
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Saat
berbicara tentang pendidikan, tentu saja kita tidak bisa … pendidikan anakusia
dini. Pendidikan anak usia dini merupakan
pendidikan awal bagi anak untuk membantu proses perkembangan sikap dan perilaku
anak. Dengan pendidikan anak usai dini, orang tua berharap kemampuan otak anak
akan …sering
dengan usia
anak yang masih sangat baik untuk proses penyerapan pelajaran. Sayangnya, tidak
semua orang tua bisa …pendidikan yang layak bagi sang anak terutama pada usai
dini, 0-6 tahun.
Sumber:
http//www.puarambe.com/2010/07/paud-pendidikan-usai-dini.html
Kata berimbuhan
yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. melupakan,
berkembang, memberi
B. terlupa,
perkembangan, memberi
C. melupakan,
berkembang, memberikan
D. terlupa,
berkembang, memberikan
E. melupakan, perkembangan,
memberi
34.
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
“Tuhan,
kasihanilah orang-orang miskin, anak yatim piatu di emper toko.Lindungilah dari
hati manusia yang dingin.Hangatkan yang enggak
punya pakaian dengan belaian tangan-Mu.Ingatlah orang kere macam kami yang selalu
menggapai-gapai rumah gedongan. Ingatlah pula ….”
Sampai
di situ Kartini berhenti berdoa.Ia ingat Tayib, suaminya, berjuang menghidupi
keluarga tanpa kenal lelah. Bibir Kartini gemetar menyebut orang yang paling ia
cintai itu. Dadanya berdegup kencang,… Ia merasakan sesuatu yang asing, yang
belum pernah ia rasakan sebelumya, rasa kehilangan dan kesedihan mendalam,
begitu menyayat dan mengiris hatinya.
Kata ulang yang
sesuai untuk melengkapi paragraf dua di atas adalah
….
A. berdentam-berdentam
B. dentam-berdetam
C. dentam-dentam
D. berdentam-dentam
E. berdentam-dentaman
35.
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Usai
Pak Surono memang sudah tidak muda lagi. Sudah selayaknya ia menikmati masa
tuanya di rumah. Namun, Pak Surono harus
tetap mencari nafkah dari kampung ke kampung dengan berjualan tahu kupat.
Setiap hari ia mendorong gerobak yang berisi dagangannya. Sering dagangannya
tidak laku. Namun, ia tetap berjualan setiap hari. Ia tetap menyediakan tahu
kupat yang lezat. Ia tidak mau … karena pelanggannya pergi.
Ungkapan yang
tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. putus asa
B. putus napas
C. putus niat
D. putus rezeki
E. putus umur
36.
Bacalah paragraf berikut dengan
cermat!
Perpustakaan
sekolah sebaiknya menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum.Bahan
pustaka tersebut harus mampu mengembangkan daya ekspresi dan pola pikir yang rasionalisme.
Istilah yang
tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring dalam paragraf
di atas adalah ….
A. rasionalis
B. rasionalisasi
C. rasional
D. rasio
E. berasio
37. Bacalah paragraf
berikut dengan cermat!
Pemandangan alam
di Pantai Talise agakmemesona.Dari
pantai ini wisatawan dapat menyaksikan hamparan teluk dan pegunungan.Pegunungan
itu mengelilingi pantai menambah suasana teduh Pantai Talise.Pohon-pohon yang
tumbuh di pinggir Pantai Talise membuat pantai sungguh teduh.Saat malam hari tampak lampu-lampu nelayan di tengah
laut.Lampu-lampu itu berkedip-kedip seperti binatang.Tidak jauh dari pantai itu
terbentang jembatan Teluk Palu.Jembatan itu tampak teramat kukuh di tengah Teluk Talise.
Sumber:
M. Purwati, Pesona Wisata Sulawesi Tengah, Klaten, Intan Pariwara, 2010
Frasa yang tepat
untuk menggantikan frasa yang dicetak miring dalam paragraf di atas adalah ….
A. begitu memesona,
cukup teduh, sungguh kukuh
B. sangat memesona,
semakin teduh, sungguh kukuh
C. begitu memesona,
sedikit teduh, begitu kukuh
D. sangat memesona,
semakin teduh, sungguh kukuh
E. sangat memesona,
semakin teduh, begitu kukuh
38. Bacalah paragraf
berikut dengan cermat!
Beras
merah merupakan jenis beras untuk
kandungan vitamin B dan vitamin E yang tinggi.Manfaat beras merah sangat baik tetapi menjaga kesehatan dan
menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan
serat alami, gizi, vitamin, atau kandungan
mineral yang tinggi. Selain itu, beras merah juga mengandung berbagai zat
seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium, dan zat-zat lainnya.
Disadur dari: http://turun
beratbadan.com/2512/manfaat-beras-merah-untuk-kesehatan-kita/
Kata penghubung yang tepat untuk mengganti kata
bercetak miring dalam paragraf adalah …
A.
dan,
atau, dengan
B.
dan,
dan, untuk
C.
dengan,
untuk, dan
D.
dengan,
atau, dan
E.
dengan,
dan, atau
39. Bacalah iklan
lowongan pekerjaan berikut dengan cermat!
|
|
|
|||
|
|||
Kalimat pembuka surat lamaran yang sesuai dengan
iklan lowongan pekerjaan di atas adalah …
A.
Sehubungan
dengan iklan yang dimuat, saya yang bertanda tangan di bawah ini ingin melamar
pekerjaan tersebut.
B.
Berdasarkan
iklan yang dimuat di harian Kedaulatan
Rakyat, Senin 31 Oktober 2011, saya sangat senang menjadi guru seni musik.
C.
Berdasarkan
iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, Senin, 31 Oktober 2011, saya tertarik untuk
mengisi lowongan tersebut.
D.
Berdasarkan
iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, Senin, 31 Oktober 2011, saya yakin saya memenuhi
persyaratan untuk menjadi seorang guru seni musik.
E.
Setelah
membaca iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, Senin, 31 Oktober 2011, saya mengajukan lamaran
sebagai guru seni musik.
40.
Bacalah kalimat berikut dengan cermat!
.... Saya benar-benar mengucapkan terima kasih kepada
Bapak atas diterimanya saya di perusahaan Bapak.
Perbaikan
kalimat penutup suratlamaran pekerjaan di atas adalah
….
A. Saya benar-benar
mengucapkan terima kasih jika saya diterima di perusahaan Bapak.
B. Saya mengucapkan
terima kasih atas kesediaan Bapak menerima saya.
C. Saya benar-benar
mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak.
D. Saya mengucapkan
terima kasih atas perhatiannya.
E. Saya mengucapkan
terima kasih atas perhatian Bapak.
41.
Bacalah kutipan surat undangan berikut dengan
cermat!
….
Menindaklanjuti
program MGMP Bahasa Indonesia yang telah kita disusun bersama, dengan ini kami
mengundang Bapak/Ibu sekalian untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia
Kota Jember pada
….
Perbaikan yang
tepat kalimat dalam kutipan surat undangan di atas adalah ….
A. Menindaklanjuti
program MGMP Bahasa Indonesia yang telah disusun bersama, dengan ini kami
mengundang Bapak/Ibu sekalian untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia
Kota Jember pada
B. Menindaklanjuti
program MGMP Bahasa Indonesia Kota Jember, dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu
untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia Kota Jember pada
C. Menindaklanjuti
program MGMP Bahasa Indonesia yang telah kita susun bersama, dengan ini kami
mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia Kota
Jember pada
D. Sehubungan
dengan program MGMP Bahasa Indonesia yang telah disusun tahun lalu, dengan ini
kami mengundang Bapak/Ibu sekalian untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa
Indonesia Kota Jember pada
E. Berdasarkan
program MGMP Bahasa Indonesia yang telah kita sepakati bersama, bersama, dengan
ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia
Kota Jember pada
Pengaruh
perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan di sekolah.
Penulisan judul
karangan di atas yang tepat dan sesuai dengan EYD adalah ….
A. Pengaruh
perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah
B. Pengaruh
Perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah
C. Pengaruh
Perpustakaan sekolah terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah
D. Pengaruh
Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah
E. Pengaruh
perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan di sekolah
43.
Bacalah kutipan latar belakang karya ilmiah berikut
dengan cermat!
Kegiatan
pemebelajaran di sekolah adalah kegiatan pendidikan yang menjadikan siswa
menuju keadaan yang lebih baik.Pendidikan sekolah tidak dapat lepas dari peran
guru sebagai fasilitator dalam penyampaian materi. Profesionalisme seorang guru
sangatlah dibutuhkan guru guna terciptanya suasana proses belajar mengajar yang
efesien dan efektif dalam pengembangan siswa. Guru harus merangsang siswa untuk
semangat dalam belajar. Guru juga harus menemukan cara agar siswa tidak bosan
dalam belajar.
Sumber:
http//www.anakciremai.com/2010/03/makalah-ilmu-pendidikan-tentang-belajar-html
Pemecahan
masalah yang sesuai dengan kutipan latar belakang karya ilmiah di atas adalah
….
A. Dalam
pemebelajaran dibutuhkan guru yang muda, aktif, dan energik agar siswa tertarik
mendengarkan penjelasan guru.
B. Guru dituntut
untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi sehingga siswa tidak bosan
mendapatkan pelajaran.
C. Guru harus
mendapatkan pendidikan yang baik agar mampu mengajar siswa dengan kreatif.
D. Guru harus
memberikan motivasi yang baik kepada siswa agar tidak melupakan pembelajaran di
sekolah.
E. Guru sebagai
fasilitator pendidikan harus memiliki pendidikan yang tinggi agar dapat
mengajar dengan baik.
44. Topik: Pengaruh
kualitas perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa.
Perumusan masalah
yang sesuai dengan topik di atas adalah ….
A. Apa yang
dimaksud dengan perpustakaan berkualitas?
B. Bagaimana syarat
perpustakaan dikatakan berkualitas?
C. Apa pengaruh
kualitas perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa?
D. Bagaimana cara
meningkatkan minat baca siswa?
E. Apa yang harus
dilakukan untuk menjadikan perpustakaan berkualitas?
45. Bacalah kutipan puisi berikut dengan cermat!
Cintaku untuk-Mu
Ketika kugoreskan kenangan ini
selembar bianglala gerimis
membentang antara Engkau dan aku
Ketika kunyanyikan puisi ini
…
dan kisah kita Kauabadikan
Cinta kita Kaulestarikan
Dalam kata dan tinta
atas kertas penuh nuansa
Sahabat,
cinta-ku
untuk-Mu
John Dami Mukese,
Doa-Doa Semesta
larik puisi yang mengandung majas untuk melengkapi
kutipan puisi di atas adalah ….
A.
Aku
bisa mendengar melodi yang mengalun indah.
B.
Begitu
banyak melodi yang keluar dari dalam hatiku.
C.
Seberkas
melodi petir merah menjitak hatiku yang biru.
D.
Seberkas
melodi keluar dari relung hatiku.
E. Hatiku girang mendengar melodi yang mengalun.
46. Bacalah kutipan
puisi berikut dengan cermat!
… di pasir ipis, merdu
antara gundukan pohon pina,
tembang menggema di dua kaki,
Burangrang-Tangkubanprahu.
Herman J. Waluyo
Kata lambang yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi di atas adalah
….
A.
lagu
B.
tembang
C.
seruling
D.
musik
E.
nyanyian
47. Bacalah kutipan
naskah dramaberikut dengan cermat !
1)
Yosep
|
:
|
Jadi,
Pak Mohammad yang mengambilnya? Celaka. Beliau akan menuduh aku tidak
melakukan tugas. Ini permainan Limanta untuk menjatuhkan aku. (Marah)
|
2)
Hamidah
|
:
|
Yos,
sabar! (Mmegangi tangannya)
|
3)
Yosep
|
:
|
Sudah
habis kesabaranku. (Kepada Hamidah) lepaskan
tanganku, Midah! Biar kuhabisi riwayatnya!
|
4)
Margaretha
|
:
|
(Memegang tangan Yosep yang lain) Dengarkan
aku dulu!
|
5)
Yosep
|
:
|
….
(Meronta, lalu mendorong Hamidah dan
Margareta ke belakang sehingga mereka melepaskan tangan Yosep) Lepaskan!
(Yosep lari ke gudang sebelah kiri)
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog drama
nomor 5) di atas adalah ….
A.
Apa
yang kamu lakukan?
B.
Kamu
mau melawanku?
C.
Lepaskan,
lepaskan?
D.
Sabar,
sabar dulu, Sep.
E.
Ini
tidak bisa dibiarkan.
48. Bacalah kedua
kutipan resensi berikut dengan cermat!
Kutipan 1
Setelah melahirkan tiga novel bestseller, yakni BilanganFu,
Saman, dan Larung, Ayu Utami mengeluarkan novel keempat berjudul Manjali dan Cakrabirawa.Novel ini
merupakan kelanjutan novel BilanganFu.Serial
ini mengisahkan petulangan Marja, Yuda, dan Parang Jati menghadapi berbagai
misteri local di Nusantara. Sementara BilanganFu
mengangkat tema alam gaib di kawasan Pacitan, kini Manjali dan Cakarabirawa menyingkap misteri yang tersembunyi di
salah satu candi di sekitar perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur dan kaitannya
dengan pembunuhan missal pada fajar kekuasaan Orde Baru.
Sumber:
http//www.goodreads.com/book/show/8567054-manjali-dan-cakrabirawa
Kutipan
2
Novel Blackforest Blossom sangat
cocok bagi remaja. Dengan membaca novel ini pembaca seperti berada dalam
kehidupan sehari-hari karena masalah yang dimunculkan dalam novel dapat
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.Novel ini menggunakan bahasa sehari-hari
yang sering didengar oleh telinga remaja.Walaupun bahasa yang digunakan dalam
novel ini sangat menarik, tetapi masih banyak kata yang kasar muncul dalam
novel ini.
Sumber:
http//soul2tear.wordpress.com/2010/05/07/resensi-novel-blackforest-blossom/
Dari kedua kutipan resensi di atas, yang
sesuai disebut resensi dan disertai dengan alasan yang tepat adalah ….
A.
Kutipan 1 karena menjelaskan
novel-novel bestseller karya Ayu Utami.
B.
Kutipan 1 karena menjelaskan
novel-novel terbaru Ayu Utami yang berjudul Manjali
dan Cakrabirawa.
C.
Kutipan 1 karena mengisahkan
petualangan tokoh-tokoh dalam novel, yaitu Marja, Manjali, Cakrabirawa.
D.
Kutipan 2 karena menjelaskan novel
dapat masuk dalam kehidupan sehari-hari remaja.
E.
Kutipan 2 karena mengemukakan
bahasa novel yang menarik, tetapi masih banyak kata yang kasar.
49. Bacalah puisi
berikut dengan cermat!
Selamat Tinggal
aku bekerja
Bukan buat ke pesta
Ini muka penuh luka
Siapa punya
Kudengar seru-menderu
-dalam hatiku?-
Apa hanya angin lalu?
Lagu lain pula
Menggelepar tengah malam buta
Karya:
Chairil Anwar
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi puisi di atas
adalah ….
A.
Sajak
:Selamat Tinggal” sangat istimewa karena memuat kalimat Tanya yang jarang
digunakan oleh penyair lain.
B.
Puisi-puisi
yang dibuat Chairil Anwar menggunakan kata-kata yang sederhana sehingga kurang
menunjukkan keindahan.
C.
Diksi
yang digunakan dalam puisi “ Selamat Tinggal” sangat sederhana sehingga tidak
menunjukkan nilai keindahan.
D.
Chairil
Anwar merupakan penyair yang terkenal sehingga patut mendapat pujian.
E. Puisi “ Selamat
Tinggal” mengandung makna yang mendalam jika kita tahu maksud puisi tersebut.
50.
Bacalah kutipan esai berikut dengan cermat!
Pengaruh agama
Hindu,
Buddha,
dan Islam telah memberi warna yang memperkaya dan mematangkan kebudayaan
Indonesia, termasuk di dalamnya khazanah sastra Indonesia.Oleh karena itu,
sastra Indonesia terpengaruh dengan dua kebudayaan yang masuk ke Indonesia.
Sastra Indonesia terpengaruh oleh agama Hindu/ Buddha dan terpengaruh agama
Islam ….
Sumber:
http//goesprih.blogspot.com/2008/06/mencari-penyair.html
Kalimat simpulan
yang sesuai untuk melengkapi kutipan esai di atas adalah ….
A. Ini berarti
khazanah sastra Indonesia mudah dipengaruhi kebudayaan lain.
B. Ini berarti ada
dua “kiblat” sastra Indonesia yang
berkembang.
C. Sastra Indonesia
berkembang seiring dengan kebudayaan.
D. Kebudayaan
Indonesia terpengaruh dengan kebudayaan yang masuk ke dalamnya.
E. Khazanah sastra
Indonesia menjadi kayak karena pengaruh kebudayaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar