Rabu, 12 Juni 2013

prediksi soal PAKET 1 UNAS SMA IPA/IPS 2012/2013



SOAL BAHASA INDONESIA  ,PREDIKSI SOAL TAHUN PELAJARAN 2012-2013,IPA/S,DINAS PENDIDIKAN PROPINSI JAWA TIMUR,2,DINAS PENDIDIKAN PROPINSI JAWA TIMUR 






Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.

1)         Pendidikan anak usia dini akan mempersiapkan anak menghadapi masa depannya, seperti menghadapi masa sekolah. 2) Di lembaga pendidikan anak usia dini, anak-anak sudah diajari dasar-dasar cara belajar. 3) Mereka belajar dengan cara yang mereka ketahui, yaitu bermain. 4) Permainan yang menarik hanya mereka peroleh dari sekolah. 5) Melalui bermain yang diarahkan, mereka bisa belajar banyak hal, seperti cara bersosialisasi, penyelesaian masalah, negosiasi, manajemen waktu, resolusi konflik, berada dalam grup besar atau kecil, kewajiban sosial, serta 1-3 bahasa.
Sumber:http//www.iswandibanna.com/2011/02/alasan-penting-nya-pendidikan-anak-usia.html

1.        Ide pokok paragraf di atas adalah …
A.    Pendidikan anak usia dini akan mempersiapkan anak menghadapi masa sekolah.
B.     Masa depan seorang anak ditentukan oleh pendidikan anak usia dini.
C.     Anak-anak sudah diajari cara belajar di pendidikan anak usia dini.
D.    Di pendidikan anak usia dini anak-anak sudah diperkenalkan belajar melalui bermain.
E.     Kegiatan bermain akan memberi banyak pelajaran bagi anak untuk bersosialisasi.

2.        Kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat nomor ….
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)
E.     5)

3.        Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama di atas adalah kalimat nomor….
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)
E.     5)

Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.

1)    Pendidikan anak usia dini sangat penting karena pada masa itu anak memasuki usia periode emas untuk memperoleh proses pendidikan. 2) Berdasarkan penelitian, 50% kemampuan kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun, 80% kemampuan kecerdasan orang dewasa telah terjadi saat anak berumur 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi ketika anak berumur 18 tahun. 3) Dengan kata lain, perkembangan kecerdasan anak dalam kurun waktu empat tahun sama besarnya dengan perkembangan kecerdasan anak dalam waktu 14 tahun berikutnya. 4) Ini berarti periode emas pertumbuhan anak merupakan periode kritis pertumbuhan anak. 5) Periode emas ini hanya datang satu kali, maka gunakan sebaik mungkin.

4.        Kalimat yang mengandung fakta dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor ….
A.    1) dan 2)
B.     1) dan 5)
C.     2) dan 3)
D.    3) dan 4)
E.     4) dan 5)

5.        Kalimat yang mengandung pendapat/opini dalamparagraf di atas terdapatpada kalimat nomor ….
A.    1) dan 3)
B.     1) dan 4)
C.     2) dan 3)
D.    3) dan 4)
E.     3) dan 5)
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Orang tua perlu meningkatkan intelegensi anak demi mempersiapkan mereka masuk sekolah.Persiapan intelegensi anak sebelum masuk sekolah ini dilakukan karena sekolah saat ini meminta persyaratan yang cukup tinggi dari kualitas seorang siswa.Anak-anak sudah harus memiliki kreativitas yang tinggi sejak kecil. Oleh sebab itu, anak-anak yang memiliki intelegensi yang tinggi akan lebih mudah menerima dengan baik semua yang diajarkan. Mereka akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, lebih mudah beradaptasi, lebih mudah menerima hal-hal yang baru. Intelegensi anak ini bisa dikembangkan jauh sebelum mereka masuk sekolah.Kondisi seperti inilah yang menempatkan orang tua sebagai guru pertama dan utama bagi anak-anaknya dalam program pendidikan informal yang terjadi di lingkungan keluarga.
Sumber:http//sadidalila.wordpress.com/2010/01/03/penting-nya-pendidikan-anak-usia-dini-di-indonesia/

6.        Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah …
A.    Orang tua harus mempersiapkan semua kebutuhan anak untuk menghadapi sekolah.
B.     Saat ini sekolah meminta persyaratan yang cukup tinggi dari kualitas seorang siswa.
C.     Peningkatan intelegensi anak harus dilakukan sebelum anak masuk sekolah.
D.    Anak-anak yang memiliki intelegensi tinggi akan sulit menerima pelajaran yang diajarkan di sekolah.
E.     Anak yang memiliki intelegensi tinggi belum tentu memiliki kepercayaan diri tinggi.

Paragraf berikut untukmenjawab soal nomor 7 dan 8.
Memiliki anak, siap atau tidak, mengubah banyak hal dalam kehidupan orang tua. Pada akhirnya mau atau tidak orang tua dituntut untuk siap menjadi orang tua yang harus dapat mempersiapkan anak-anak agar dapat menjalankan kehidupkan masa depan mereka dengan baik. Mengenal, mengetahui, memahami dunia anak memang bukan sesuatu yang mudah.
Para ahli sependapat bahwa peranan orang tua begitu besar dalam membantu anak-anak agar siap memasuki gerbang kehidupan mereka.Jika berbicara tentang gerbang kehidupan mereka, tentu akan membicarakan prospek kehidupan mereka 20-25 tahun mendatang. Pada tahun itulah mereka masuk ke kemandirian penuh, masuk ke dunia mereka yang independen yang sudah seharusnya terlepas penuh dari orang tua karena keputusan-keputusan hidup mereka sudah harus dapat dilakukan sendiri.Di sinilah peranan orang tua sudah sangat berkurang. Sebagai orang tua, saat itu kita hanya dapat melihat buah hasil didikan kita sekarang, tanpa dapat melakukan perubahan apa pun.
Sumber:http//sadidadalila.wordpress.com/2010/01/03/
pentingnya-pendidikan-anak-dini-di-indonesia/

7.        Tujuan penulis menyampaikan informasi dalam paragraf di atas adalah …
A.    Menjelaskan kepada orang tua bahwa dunia anak penuh dengan warna dan berbeda dengan kehidupan orang dewasa.
B.     Mengingatkan kembali kepada orang tua untuk membantu pertumbuhan anak mereka agar anak siap memasuki gerbang kehidupan.
C.     Memastikan kepada orang tua untuk terus memantau kehidupan anaknya dari segi pertumbuhan dan pergaulan dalam masyarakat.
D.    Menjelaskan kepada orang tua bahwa anak adalah perwujudan cinta kasih yang akan mengubah kehidupan orang tua.
E.     Mengimbau orang tua untuk menjaga dan melindungi anak dalam situasi apa pun sehingga anak dapat mengambil keputusan yang benar.
8.        Arti kata prospek dalam paragraf di atasadalah ….
A.    masa depan
B.     keuntungan
C.     harapan
D.    kemajuan
E.     tujuan

9.        Bacalah kutipan biografi berikut dengan cermat!
Purdi E. Chandra lahir di Lampung, 9 September 1959. Purdi sudah mulai berbisnis sejak ia masih duduk di bangku SMA di Lampung, yakni ketika dirinya beternak ayam dan bebek, lalu menjual telurnya di pasar. Setelah itu, Purdi benar-benar merintis bisnisnya sendiri mulai 10 Maret 1982. Bisnisnya di mulai ketika ia bersama teman-temannya mendirikan Lembaga Bimbingan Tes Primagama. Akhirnya Lembaga Bimbingan Tes Primagama berubah menjadi bimbingan belajar.Saat mendirikan bisnis lembaga pendidikan tersebut, Purdi masih tercatat sebagai mahasiswa di empat fakultas dari dua perguruan tinggi negeri di Yogyakarta.
Namun karena merasa “tidak mendapat apa-apa” ia meninggalkan bangku kuliahnya untuk menggeluti dunia bisnis. Dengan “jatuh bangun” Purdi menjalankan Primagama. Murid-muridnya hanya sedikit, bahkan semakin bisnisnya terpuruk, ia tidak pernah putus asa. Ia tetap berusaha menjalankan bisnisnya. Dengan modal kerja keras, Primagama sedikit demi sedikit berkembang, dari semula hanya satu outlet denganhanya dua murid, kini murid Primagama sudah menjadi lebih dari 100 ribu orang per tahun, dengan ratusan outletdi ratusan kota di Indonesia. Karena perkembangan itu, Primagama akhirnya dikukuhkan sebagai Bimbingan Belajar Terbesar di Indonesia oleh MURI.
Sumber:http//maksumpriangga.com/biografi-purdi-e-andra.html

Hal yang dapat diteladani dari Purdi E. Chandra dalam kutipan biografi di atas adalah …
A.    Memulai bisnis sejak masih duduk dibangku SMP.
B.     Memutuskan untuk menjalankan bisnis lembaga bimbingan belajar.
C.     Tercatat sebagai mahasiswa di empat fakultas dari dua perguruan tinggi.
D.    Ia tidak pernah putus asa dalam bisnisnya meskipun kegagalan ada di depan mata.
E.     Memiliki banyak lembaga bimbingan tes di seluruh Indonesia.

Kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11.

Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang, semakin marak di kalangan generasi penerus bangsa. Buktinya, pada hari Minggu petang petugas  menangkap empat siswa yang sedang berpesta sabu-sabu. Mereka mengadakan pesta di salah satu apartemen mewah di sebuah kota besar. Banyak dari mereka terbawa arus zaman dengan cara yang salah. Tanpa pikir panjang, akhirnya para tunas bangsa ini menyelesaikan masalah dengan mengonsumsi obat-obat terlarang. Uniknya, pelajar yang biasa mendapat pengarahan baik dari guru maupun kepolisian saat orientasi siswa justru mulai memakai barang haram ini.Barang haram ini cepat beredar di kalangan pelajar karena anak-anak muda memiliki rasa penasaran yang besar terhadapsesuatu yang baru.
Sumber:http//www.equator-news.com/klbar-raya/tajukrencana/20111020/narkotikarambah-pelajar

10.    Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah …
A.    Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang semakin marak di kalangan pelajar karena pelajar memiliki pergaulan yang salah.
B.     Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang semakin marak di kalangan pelajar karena mereka memiliki rasa penasaran terhadap barang yang baru.
C.     Buktinya banyaknya peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang adalah ditangkapnya siswa yang sedang berpesta sabu-sabu.
D.    Petugas menangkap siswa yang sedang berpesta sabu-sabu diadakan di sebuah apartemen mewah di sebuah kota besar.
E.     Orang tua seharusnya ikut mengawasi anak-anak mereka agar tidak terjerumus dalam dunia narkoba dan obat-obatan terlarang.
11.    Pihak yang dituju dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah ….
A.    masyarakat
B.     generasi muda
C.     pemerintah
D.    orang tua
E.     pihak kepolisian

Tabel berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13.
Berat Badan dan Tinggi Rata-rata
Anak Prasekolah
Umur
Laki-laki
Perempuan
Berat (kg)
Tinggi (cm)
Berat (kg)
Tinggi (cm)
1
2
3
4
5
6
8,1
9,6
11,4
13,0
14,4
15,8
71,3
79,4
86,4
93,5
101,9
108,0
7,6
9,3
11,0
12,6
14,2
16,2
71,3
78,4
85,3
92,5
100,0
105,7

12.    Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel di atas adalah ….
A.    Anak usia 1 tahun memiliki berat badan yang sama dengananak usia 3 tahun.
B.     Tinggi badan anak perempuan usia 3 tahun lebih tinggi bila dibandingkan anak laki-laki usia 3 tahun.
C.     Tinggi badan anak laki-laki lebih tinggi daripada anak perempuan karena anak laki-laki lebih mudah tumbuh.
D.    Anak usia 3-4 tahun baik laki-laki maupun perempuan memiliki berat badan yang paling berat.
E.     Anak laki-laki memiliki tinggi badan lebih tinggi daripada anak perempuan.

13.    Simpulan yang sesuai dengan isi tabel di atas adalah ….
A.    Berat badan anak-anak usia prasekolah sebanding dengan tinggi badan anak.
B.     Pertambahan usia anak diikuti kenaikan berat dan tinggi badan anak.
C.     Berat badan anak laki-laki dan perempuan pada usai yang sama selalu sama.
D.    Berat badan anak laki-laki lebih besar daripada berat badan anak perempuan.
E.     Pertumbuhan maksimal berat dan tinggi badan anak terjadi pada usia 3 tahun.

Kutipan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 14 s.d. 16.

Perkawinan Muda Cik Leman dengan Gadis Cik Inam dilangsungkan dengan pesta yang sangat meriah.Tujuh hari tujuh malam lamanya, tamu-tamu dari negeri tetangga berdatangan memenuhi undangan.Rakyat negeri pun turut berpesta-pora.Aneka makanan dan minuman lezat dihidangkan.Hiburan berupa tari-tarian,nyanyian, dan musik merdu pun digelarkan.
Beras berpuluh-puluh pikul dimasak, seolah-olah tiada cukup untuk menjamu tamu-tamu yang berkunjung tiada henti-hentinya untuk mengucapkan selamat kepada pengantin.Di samping itu, banyak di antara mereka yang datang ingin menyaksikan kemolekan sepasang pengantin yang beritanya bendang ke mana-mana.Tak puas-puasnya mereka melihat sepasang pengantin yang demikian sepadan.Si lelaki tampan dan gagah, sedangkan si wanita cantik dan anggun.
Seberapa banyak beras di masak, seberapa pula habis.Berapa banyak dihidangkan, semua licin tandas.Para juru masak bertungkas lumus selama tujuh hari tujuh malam menyediakan makanan dan minuman untuk tamu-tamu yang jangankan berkurang,kian hari malah bertambah banyak. Pulang tamu dari negeri satu, datang pada tamu-tamu dari negeri tetangga yang lain.Begitulah seterusnya.Musik tari,dan nyanyi pun selama tujuh hari tujuh malam tiada henti-hentinya digelar untuk menghibur para tamu.Dapat dikatakan tujuh hari tujuh malam Negeri Muar tidak tidur.Mereka asyik dalam pesta-pora yang seolah-olah tiada berakhir.Muda Cik Leman pun larut dalam kegelimangan pesta perkawinannya.Ia lupa sama sekali dengan ramalan ahli nujum kerajan Galangan. Ia pun sudah lupa dengan pesan Penglima Nayan dan Agung Selamat.
Tiga bulan  sesudah Muda Cik Leman menikah. Raja Selatan menyerahkan tahta Muar kepadanya.Muda Cik Leman memerintah negeri dengan bijaksana.Baru tiga bulan Muda Cik Leman duduk di atas singgasana Muar, buah pemerintahannya sudah dapat dirasakan oleh rakyat.Perdagangan semakin maju, keamanan pun semakin terjamin sehingga rakyat dapat mencari nafkah dengan tenang.Pertanian rakyat Muar pun maju sehingga banyak rakyat dari negeri tetangga yang pindah ke Muar sehingga negeri itu semakin ramai.
Sumber: Sudarno Mahyudin, Hikayat Muda Cik Leman,
Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu, Yogyakarta, 2006

14.    Perbuatan yang kurang lazim dalam kehidupan masyarakat saat ini yang tampak dalam kutipan hikayat di atas adalah ….
A.    Menyelenggarakan pesta pernikahan dengan meriah.
B.     Mengadakan pesta perkawinan selama tujuh hari tujuh malam.
C.     Menghidangkan berbagai makanan untuk pesta pernikahan.
D.    Berkunjung menghadiri pesta pernikahan.
E.     Mengagumi pasangan pengantin yang cantik dan tampan.

15.    Sikap yang dapat diteladani dari Muda Cik Leman yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah ….
A.    Melupakan nasihat dari ahli nujum.
B.     Memiliki sifat bijaksana sehingga mampu memerintah dengan baik.
C.     Mengadakan pesta pernikahan dengan meriah.
D.    Menjamu tamu-tamu dengan baik dan ramah.
E.     Menggelar pesta pernikahan selama tujuh hatri tujuh malam.

16.    Amanat yang terdapat dalam kutipan hikayat  di atas adalah ….
A.    Sebagai pengusaha sebuah negeri harus memajukan negerinya.
B.     Merayakan pesta pernikahan dengan meriah karena menikah hanya satu kali.
C.     Hadirilah undangan pernikahan yang diadakan oleh teman.
D.    Serahkan tahta kerajaan kepada orang yang masih muda.
E.     Memimpinlah dengan bijaksana agar terjadi perubahan kearah yang lebih baik.

17.    Bacalah kutipan cerpen berikut dengan cermat!

1)         Mendengar kekaguman orang-orang itu, Kurdi tersenyum-senyum. 2) Kesan bangga terasa sekali terpancar dalam senyumannya. 3) Saat itu Kurdi tengah bercerita mengenai rencananya membangun landasan yang tinggi. 4) Dua cara gupala  membawa gada, katanya akan dijadikan penolak bala, akan memberi kesan ekslusif. 5) Kolam ikan selebar kira-kira 3x4 meter akan dibangun tepat di bawah teras. 6) “Ya, jadi begitu. Besok jangan lupa, lho, ya? Ajak teman-temanmu, Kang Parjimin,” ujar Kurdi sembari menghembuskan asap.
Sumber: Hamdani M. W., “Rumah dalam Romansa, Labuh, Jakarta, 2005
Bukti watak Kurdi yang sombong dalam kutipan cerpen di atas terdapat dalam kalimat nomor ….
A.    1) dan 2)
B.     2) dan 3)
C.     3) dan 4)
D.    4) dan 5)
E.     5) dan 6)

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan cermat!

Trimo terbangun dari lamunan panjangnya, ketika rasa melilit-lilit itu sudah kembali menyerang perutnya.Gelas di sampingnya sudah nyaris kosong sejak tadi.Ditenggaknya teh yang tinggal sepertiga gelas.Rasa pahit mengguyur tenggorokannya.Pahit.Sepahit nasibnya. Isterinya memang hampir tidak pernah menaburkan gula pasir ke dalam teh minumannya. Ngirit, katanya. Kalau mau manis, dia cukup mengunyah gula kelapa. Kalau pas ada, isterinya selalu menyertakan sepotongan kecil gula kelapa di atas lepek  kecil.
Trimo kembali mengedarkan pandangannya ke bukit yang terhampar di depannya.Selama ini dia telah bekerja keras membuat teras-teras di lerengnya, menanaminya dengan jagung, kacang, dan ketela.Dia telah menyandarkan hidupnya pada lereng bukit itu, menjual panenan yang tidak seberapa itu untuk hidup.Pandangan Trimo kabur akibat rasa lapar yang menggigit dan silau matahari yang menyengat.
Mungkin, mungkin inilah saat-saat terakhir kalinya dia mengerjakan tanah miliknya.Sejak saat ini pun, tanah ini sudah bukan miliknya lagi. Usai panen depan menurut Pak Lurah, di antara bukit-bukit kapur itu akan berdiri bangunan pabrik, dan batu-batu kapur di balik bukit itu pun akan dipangkas, dikuras sampai habis.
Bangkit dari duduknya, setengah terhuyung, Trimo berdiri menatap kearah puncak bukit.Mungkin untuk terakhir kalinya.Beberapa saat kemudiandia berbalik, berjalan pulang.Dia merasa sudah saatnya harus menyingkir.Menyingkir entah ke mana.
Sumber: Hamdani M.W., “Panen Terakhir” dalam romansa, Labuh, Yogyakarta, 2005

18.    Bagaimana keadaan Trimo saat merasakan lapar dan silau karena sinar matahari yang terdapat dalam kutipan cerpen di atas?
A.    Merasakan pahit yang luar biasa.
B.     Pandangannya kabur.
C.     Terbangun dari lamunannya.
D.    Terhuyung-huyung hendak jatuh.
E.     Tidak bias melihat.

19.    Bacalah kutipann askah drama berikut dengan cermat!

Bunda, aku sekarang juga tidak apa-apa menjadi batu seperti ini.Tidak usah cemaskan aku. Biarlah aku bias merasakan kesepian Bunda seperti ketika tinggal merantau dulu.
Bunda
:
Tidak, Malin. Bunda maklum kau tak kenal Bunda lagi. Ketika engkau pamit, Bunda masih bugar bersinar. Setelah lewat tiga tahun, Bunda sering sakit dan ladang kita telah tergadai. Kemudian aku mendengar angin berkabar Malin akan berlabuh di pulau ini. Cepat-cepat aku berangkat. Aku menunggu kau di pantai. Terus saja aku menatap cakrawala. Tanpa rumah berteduh, tanpa air untuk berbasuh, tanpa kilau cermin. Berhari-hari. Kau bisa melihat betapa kacaunya penampilanku. (Tertawa)
Malin
:
(Menangis tambah keras) Batulah aku. Batulah aku. Betapa durhakanya aku, Bunda. Bertahun-tahun tega meninggalkan ibunya sendiri dalam sakit dan melarat. Anak macam apa aku ini, Bunda. Aku memang pantas jadi batu, Bunda ….
Bunda
:
Malin. Semua itu perintah lautan anakku.
Malin
:
Ketika aku turun ke pantai ini, kakiku berdarah-darah amat perihnya. Aku tak bisa bayangkan kalau yang berjalan itu kau, Bunda. Berlaksa depa menapak, turun lembah naik bukit, ditampar malam dihajar siang, didera lapar, dalam lara dan nestapa. Kemudian mendapatkan hadiah ditolak anaknya. Betapa ini sangat menyakitkan, Bunda. Aku anak terkutuk, Bunda.
Bunda
:
Aku telah rela, Anakku. Toh, akhirnya kerinduan telah terbayarkan, Malin.
Malin
:
Tapi aku mencampakkan kau, Bunda.
Bunda
:
Karena kau tidak tahu. Udara laut telah menyihir mata kau. Kau menganggap aku gelandangan atau orang gila. Kau pasti tidak membayangkan kalau aku bunda kau.
Malin
:
Bunda terlalu ingat pada anak, hingga lupa diri sendiri. Aku pun tak tahu diri, hingga lupa kepada bunda sendiri.

Sumber: Lakon Remaja, “Malin The End Scene”  Karya M.S. Nugroho

Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama di atas adalah …
A.    Penyesalan Bunda telah mengutuk Malin menjadi batu.
B.     Penyesalan Malin karena telah durhaka kepada ibunya
C.     Pertemuan ibu dan anak yang membawa petaka
D.    Kutukan ibu kepada anaknya sehingga anaknya menjadi batu
E.     Anak yang tidak tahu diri sehingga melupakan ibunya

 Puisi berikut untuk menjawab soal nomor 20-22.
Kecewa
Ditengah suatu pandang yang luas,
Kelihatan benda indah cemerlang;
Berkilat-kilatan ditimpa panas,
Menyilaukan mata gilang gemilang.

Tetapi tuan alangkah kecewa,
Benda yang indah penarik mata;
Kusangka intan kiranya embun,
Setitik air di atas embun.

Sebatang belukar tumbuh dipagar,
Indah bunga memikat mata;
Kusangka mawar’kan jadi penawar,
Kiranya kecubung racun berbisa.
Karya: Selegoeri, Pandji Poestaka. Thn. XI, No. 24
20.    Makna kata mawar dalam puisi di atas adalah ….
A.    keindahan
B.     kebahagiaan
C.     kesedihan
D.    harapan
E.     kekayaan

21.    Maksud puisi di atas adalah ….
A.    Seseorang yang kecewa karena apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang ia dapatkan.
B.     Seseorang yang kecewa karena tidak mendapat barang yang indah.
C.     Kekecewaan dapat dialami oleh setiap orang saat apa yang diinginkan hilang begitu saja.
D.    Kekecewaan yang datang dan pergi dalam kehidupan seseorang.
E.     Kekecewaan akan datang manakala orang tidak puas dengan apa yang dimiliki.

22.    Suasana yang tergambar dalam puisi di atas adalah ….
A.    sedih
B.     haru
C.     kalut
D.    gelisah
E.     takut

23.    Bacalah pantun berikut dengan cermat!
Bunga kenangan di atas kubur,
Pucuk sari pandan jawa.
Apa guna sombong dan takabur,
Rusak hati badan binasa.
Isi pantun  di atas mengungkapkan ….
A.    Sombong dan takabur membuat orang menjadi tidak berguna.
B.     Sombong dan takabur dapat membuat orang jatuh dalam masalah.
C.     Sifat sombong dan takabur harus dijauhi semua orang.
D.    Orang yang sombong dan takabur akan mati dan menderita.
E.     Tidak ada gunanya memiliki sifat sombong dan takabur.

24.    Bacalah kutipan gurindam berikut dengan cermat!
Menolong sesama wajib dan perlu,
Tetapi tolonglah diri dahulu.
Maksud kutipan gurindam di atas adalah ….
A.    Orang harus menolong orang lain yang kesusahan sebelum menolong diri sendiri.
B.     Orang harus memperhatikan diri sendiri dahulu sebelum menolong orang lain.
C.     Orang harus memikirkan diri sendiri dahulu daripada orang lain.
D.    Jangan memikirkan orang lain, tetapi pikirkanlah diri sendiri.
E.     Menolong orang lain lebih penting daripada memikirkan diri sendiri.
25.    Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!
1)        Untuk mendapatkan efek ini, seorang peneliti menyarankan untuk mengonsumsi 2 gram minyak ikan setiap hari.
2)        Omega-3 bekerja dengan cara meningkatkan efek obat antidepresan, jadi bukan bekerja secara tunggal.
3)        Selain”menajamkan” otak, ternyata omega-3 juga efektif menangkal depresi.
4)        Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi asam lemak ini bisa mengurangi depresi.
5)        Kandungan lemak yang membentuk jaringan otak kita dibentuk dari asam lemak omega-3.
Urutan kalimat di atas yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah nomor ….
A.    3)-5)-1)-2)-4)
B.     3)-5)-4)-2)-1)
C.     4)-3)-2)-1)-5)
D.    4)-5)-2)-1)-3)
E.     4)-5)-2)-1)-3)

26.    Bacalah paragraf generalisasi berikut dengan cermat!

Pendidikan anak usia dini berusaha membina menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi usia dini secara optimal. Pembinaan ini akan membentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya. Dengan pembinaan ini siswa akan lebih siap untuk memasuki tahap pendidikan selanjutnya. Pendidikan anak usia dini juga membangun landasan bagi perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa. Selain itu, pendidikan anak usia dini akan mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional ….
Sumber: http//tunas63.wordspress.com/2010/06/15/fungsi-tujuan-dan-jenis-paud/
Kalimat simpulan yang sesuai untuk melengkapi paragraf generalisasi di atas adalah …
A.    Pendidikan anak usia dini memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak.
B.     Anak perlu mendapat pendidikan usia dini.
C.     Pembinaan usia dini sangat membantu perkembangan anak.
D.    Pendidikan anak usia dini membantu anak menjadi manusia yang bertakwa dan beriman.
E.     Dengan pendidikan anak usia dini, anak dapat mengembangkan seluruh potensi anak.

27.    Bacalah paragraf analogi berikut dengan cermat!
Tentu Anda pernah melihat orang yang memanjat pohon. Untuk sampai ke puncak pohon, ia harus berusaha dengan keras. Banyak tenaga yang harus ia keluarkan. Perjalanannya menuju puncak pohon tidaklah mulus, kadang terpeleset dan jatuh lagi ke bawah.Begitu pula jika seseorang ingin menjadi juara kelas.Ia harus berusaha dan bekerja keras dalam belajar. Terkadang nilai yang ia dapatkan belum memuaskan, tetapi ia harus tetap berjuang dan belajar …..
 Kesimpulan yang tepat untuk melengkapi analogi di atas  adalah ….
A.    Orang yang naik pohon lebih hati-hati agar sampai di puncak pohon dengan selamat dan mendapatkan apa yang ia inginkan.
B.     Oleh karena itu, orang yang ingin meraih juara kelas tidak boleh putus asa seperti orang yang memanjat pohon sebelum keinginannya terwujud.
C.     Orang yang ingin menjadi juara kelas harus berjuang siang dan malam seperti orang yang ingin mencapai puncak pohon harus memanjat siang dan malam.
D.    Semakin tinggi pohon yang dipanjat, semakin banyak pula halangan dan rintangan untuk sampai di puncak pohon.
E.     Seseorang yang ingin menjadi juara kelas harus belajar dengan tekun dan mengalahkan semua masalah yang dihadapinya.

 28.    Bacalah paragraf deskripsi berikut dengan cermat!

Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia.Danau Poso memiliki panorama alam yang sangat indah.Udara di sekitar danau sangat sejuk.Bukit-bukit dan hutan-hutan yang berada di sekeliling danau memberi kesan teduh pada Danau Poso. Uniknya, air Danau Poso ini tidak pernah keruh walaupun terjadi banjir di anak sungai …. Keunikan lain yang ditemukan di Danau Poso adalah Danau Poso memiliki dua jenis warna pasir di pinggir danaunya, yaitu pasir putih dan pasir kuning keemasan.
Sumber: M. Purwati, Pesona Wisata Sulawesi Tengah Kalten, Intan Pariwara, 2010

Kalimat deskripsi yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.    Banjir tidak akan memengaruhi kondisi danau.
B.     Padahal banjir sering terjadi di anak sungai.
C.     Danau Poso tidak terjadi dianak sungai.
D.    Warna air Danau Poso selalu saja jernih.
E.     Airnya juga tetap tenang.

29.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Pendidikan keagamaan untuk anak harus dilakukan sejak usai dini.Sejak kecil anak-anak diajarkan untuk mengenal agama.Anak dibimbing untuk menjalankan ajaran-ajaran agama yang mereka anut.Selain itu, orang tua juga harus memberi contoh yang baik dalam menjalankan agama. Setelah dewasa, ….

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf akibat di atas adalah ….
A.    anak-anak tersebut akan menjadi pandai beribadah
B.     anak-anak tersebut selalu berada dalam lindungan orang tua
C.     anak yang dididik agama sejak kecil akan menjadi manusia yang bertakwa
D.    anak-anak bertakwa adalah anak-anak yang rajin beribadah
E.     anak-anak menjadi dekat dengan orang yang beragama

30.    Bacalah kutipan teks pidato berikut dengan cermat!

Saudara-saudara yang saya cintai.
Pendidikan adalah hal yang penting bagi kita. Pendidikan akan membuka cakrawala ilmu pengetahuan dan wawasan kita. Dengan pendidikan pula kualitas kita sebagai sumber daya manusia meningkat.Namun sayang, banyak anak seusia kita belum mendapat pendidikan yang layak karena keterbatasan biaya. Kita seharusnya bersyukur bisa mengenyam pendidikan dengan baik ….

Kalimat persuasi yang sesuai dengan isi kutipan teks pidato di atas adalah …
A.    Oleh karena itu, mari kita belajar dengan tekun dan tidak menyia-nyiakan pendidikan yang kita miliki.
B.     Oleh  karena itu, kita harus mengisi hidup ini dengan belajar dan belajar.
C.     Kita harus menolong anak-anak yang belum mendapatkan pendidikan dengan layak.
D.    Mari, sebagai generasi muda, kita membangun negara ini dengan rajin belajar.
E.     Kita harus mendorong orang lain untuk terus belajar dan belajar.

 31.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
                                                   
Pendidikan anak usai dini (PAUD) bermanfaat bagi anak karena anak akan menyukai pelajaran. Orang tua berharap agar anaknya tumbuh menjadi orang yang sehat, … cerdas, dan cerai. Sayanglah, banyak kalangan menilai … pendidikan di Indonesia belum dapat membekali anak dengan kompetensi dasar yang diperlukan untuk … dan mengupayakan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Sebagian besar orang tua juga tidak mampu menanggung biaya pendidikan anak-anaknya.Kendala biaya kerap menjadi faktor utama penghalang anak mengakses pendidikan.
Sumber: http//pendidikan.timlo.net/baca/6249/manfaat-pendidikan-anak-usai-dini
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.    bertakwa, system, mempertahankan
B.     bertakwa, sistem, mempertahankan
C.     bertakwa, sistim, memertahankan
D.    bertakwa, sistem, memertahankan
E.     bertakwa, sistim, memertahankan
32.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar. Tujuannya untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan …dalam memberikan pelajaran Matematika kepada siswa, guru hendaknya lebih memilih berbagai … pendekatan, strategi,… yang sesuai dengan situasi sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan akan tercapai. Perlu diketahui bahwa baik atau tidaknya suatu pemilihan model pembelajaran akan bergantung tujuan pembelajarannya, kesesuaian dengan materi pembelajaran, tingkat perkembangan peserta didik (siswa), kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta mengoptimalkan sumber-sumber belajar yang ada.
Sumber: http//kisaranku-blogspot.com/2010/02/contoh-makalah-pendidikan.html
    
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.    kreatif, fariasi, metode
B.     kreatif, variasi, metode
C.     kreatif, fariasi, metoda
D.    kreativ, variasi, metoda
E.     kreativ, fariasi, metoda

33.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Saat berbicara tentang pendidikan, tentu saja kita tidak bisa … pendidikan anakusia dini. Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan awal bagi anak untuk membantu proses perkembangan sikap dan perilaku anak. Dengan pendidikan anak usai dini, orang tua berharap kemampuan otak anak akan …sering dengan usia anak yang masih sangat baik untuk proses penyerapan pelajaran. Sayangnya, tidak semua orang tua bisa …pendidikan yang layak bagi sang anak terutama pada usai dini, 0-6 tahun.
Sumber: http//www.puarambe.com/2010/07/paud-pendidikan-usai-dini.html

Kata berimbuhan yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.    melupakan, berkembang, memberi
B.     terlupa, perkembangan, memberi
C.     melupakan, berkembang, memberikan
D.    terlupa, berkembang, memberikan
E.     melupakan, perkembangan, memberi

 34.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

“Tuhan, kasihanilah orang-orang miskin, anak yatim piatu di emper toko.Lindungilah dari hati manusia yang dingin.Hangatkan yang enggak punya pakaian dengan belaian tangan-Mu.Ingatlah orang kere macam kami yang selalu menggapai-gapai rumah gedongan. Ingatlah pula ….”
Sampai di situ Kartini berhenti berdoa.Ia ingat Tayib, suaminya, berjuang menghidupi keluarga tanpa kenal lelah. Bibir Kartini gemetar menyebut orang yang paling ia cintai itu. Dadanya berdegup kencang,… Ia merasakan sesuatu yang asing, yang belum pernah ia rasakan sebelumya, rasa kehilangan dan kesedihan mendalam, begitu menyayat dan mengiris hatinya.

Kata ulang yang sesuai untuk melengkapi paragraf dua di atas adalah ….
A.    berdentam-berdentam
B.     dentam-berdetam
C.     dentam-dentam
D.    berdentam-dentam
E.     berdentam-dentaman

35.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
                     
Usai Pak Surono memang sudah tidak muda lagi. Sudah selayaknya ia menikmati masa tuanya di rumah. Namun, Pak Surono harus tetap mencari nafkah dari kampung ke kampung dengan berjualan tahu kupat. Setiap hari ia mendorong gerobak yang berisi dagangannya. Sering dagangannya tidak laku. Namun, ia tetap berjualan setiap hari. Ia tetap menyediakan tahu kupat yang lezat. Ia tidak mau … karena pelanggannya pergi.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.    putus asa
B.     putus napas
C.     putus niat
D.    putus rezeki
E.     putus umur

36.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Perpustakaan sekolah sebaiknya menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum.Bahan pustaka tersebut harus mampu mengembangkan daya ekspresi dan pola pikir yang rasionalisme.

Istilah yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring dalam paragraf di atas adalah ….
A.    rasionalis
B.     rasionalisasi
C.     rasional
D.    rasio
E.     berasio

 37.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Pemandangan alam di Pantai Talise agakmemesona.Dari pantai ini wisatawan dapat menyaksikan hamparan teluk dan pegunungan.Pegunungan itu mengelilingi pantai menambah suasana teduh Pantai Talise.Pohon-pohon yang tumbuh di pinggir Pantai Talise membuat pantai sungguh teduh.Saat malam hari tampak lampu-lampu nelayan di tengah laut.Lampu-lampu itu berkedip-kedip seperti binatang.Tidak jauh dari pantai itu terbentang jembatan Teluk Palu.Jembatan itu tampak teramat kukuh di tengah Teluk Talise.
Sumber: M. Purwati, Pesona Wisata Sulawesi Tengah, Klaten, Intan Pariwara, 2010

Frasa yang tepat untuk menggantikan frasa yang dicetak miring dalam paragraf  di atas adalah ….
A.    begitu memesona, cukup teduh, sungguh kukuh
B.     sangat memesona, semakin teduh, sungguh kukuh
C.     begitu memesona, sedikit teduh, begitu kukuh
D.    sangat memesona, semakin teduh, sungguh kukuh
E.     sangat memesona, semakin teduh, begitu kukuh

38.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Beras merah merupakan jenis beras untuk kandungan vitamin B dan vitamin E yang tinggi.Manfaat beras merah sangat baik tetapi menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan serat alami, gizi, vitamin, atau kandungan mineral yang tinggi. Selain itu, beras merah juga mengandung berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium, dan zat-zat lainnya.
Disadur dari: http://turun beratbadan.com/2512/manfaat-beras-merah-untuk-kesehatan-kita/
Kata penghubung yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring dalam paragraf adalah …
A.    dan, atau, dengan
B.     dan, dan, untuk
C.     dengan, untuk, dan
D.    dengan, atau, dan
E.     dengan, dan, atau

39.    Bacalah iklan lowongan pekerjaan berikut dengan cermat!
DIBUTUHKAN EGERA
 


GURU SENI MUSIK
S1, siap full time
 
                        









Lamaran ke:
SMK MUH PRAMBANAN SLEMAN
Gatak, Bokoharjo, Prambanan
Sleman
(0813 2884 7154)
 



Sumber: Kedaulatan Rakyat, Senin, 16 Oktober 2011

 

 






Kalimat pembuka surat lamaran yang sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan di atas adalah …
A.    Sehubungan dengan iklan yang dimuat, saya yang bertanda tangan di bawah ini ingin melamar pekerjaan tersebut.
B.     Berdasarkan iklan yang dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, Senin 31 Oktober 2011, saya sangat senang menjadi guru seni musik.
C.     Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, Senin, 31 Oktober 2011, saya tertarik untuk mengisi lowongan tersebut.
D.    Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, Senin, 31 Oktober 2011, saya yakin saya memenuhi persyaratan untuk menjadi seorang guru seni musik.
E.     Setelah membaca iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Kedaulatan Rakyat, Senin, 31 Oktober 2011, saya mengajukan lamaran sebagai guru seni musik.
40.    Bacalah kalimat berikut dengan cermat!

.... Saya benar-benar mengucapkan terima kasih kepada Bapak atas diterimanya saya di perusahaan Bapak.

Perbaikan kalimat penutup suratlamaran pekerjaan di atas adalah ….
A.    Saya benar-benar mengucapkan terima kasih jika saya diterima di perusahaan Bapak.
B.     Saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak menerima saya.
C.     Saya benar-benar mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak.
D.    Saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya.
E.     Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak.

41.    Bacalah kutipan surat undangan berikut dengan cermat!
….
Menindaklanjuti program MGMP Bahasa Indonesia yang telah kita disusun bersama, dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu sekalian untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia Kota Jember pada
….
Perbaikan yang tepat kalimat dalam kutipan surat undangan di atas adalah ….
A.    Menindaklanjuti program MGMP Bahasa Indonesia yang telah disusun bersama, dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu sekalian untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia Kota Jember pada
B.     Menindaklanjuti program MGMP Bahasa Indonesia Kota Jember, dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia Kota Jember pada
C.     Menindaklanjuti program MGMP Bahasa Indonesia yang telah kita susun bersama, dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia Kota Jember pada
D.    Sehubungan dengan program MGMP Bahasa Indonesia yang telah disusun tahun lalu, dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu sekalian untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia Kota Jember pada
E.     Berdasarkan program MGMP Bahasa Indonesia yang telah kita sepakati bersama, bersama, dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada pertemuan MGMP Bahasa Indonesia Kota Jember pada

42.    Bacalah judul karangan berikut dengan cermat!

Pengaruh perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan di sekolah.

Penulisan judul karangan di atas yang tepat dan sesuai dengan EYD adalah ….
A.    Pengaruh perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah
B.     Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah
C.     Pengaruh Perpustakaan sekolah terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah
D.    Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah
E.     Pengaruh perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan di sekolah

 43.    Bacalah kutipan latar belakang karya ilmiah berikut dengan cermat!

Kegiatan pemebelajaran di sekolah adalah kegiatan pendidikan yang menjadikan siswa menuju keadaan yang lebih baik.Pendidikan sekolah tidak dapat lepas dari peran guru sebagai fasilitator dalam penyampaian materi. Profesionalisme seorang guru sangatlah dibutuhkan guru guna terciptanya suasana proses belajar mengajar yang efesien dan efektif dalam pengembangan siswa. Guru harus merangsang siswa untuk semangat dalam belajar. Guru juga harus menemukan cara agar siswa tidak bosan dalam belajar.
Sumber: http//www.anakciremai.com/2010/03/makalah-ilmu-pendidikan-tentang-belajar-html

Pemecahan masalah yang sesuai dengan kutipan latar belakang karya ilmiah di atas adalah ….
A.    Dalam pemebelajaran dibutuhkan guru yang muda, aktif, dan energik agar siswa tertarik mendengarkan penjelasan guru.
B.     Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi sehingga siswa tidak bosan mendapatkan pelajaran.
C.     Guru harus mendapatkan pendidikan yang baik agar mampu mengajar siswa dengan kreatif.
D.    Guru harus memberikan motivasi yang baik kepada siswa agar tidak melupakan pembelajaran di sekolah.
E.     Guru sebagai fasilitator pendidikan harus memiliki pendidikan yang tinggi agar dapat mengajar dengan baik.

44.    Topik: Pengaruh kualitas perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa.

Perumusan masalah yang sesuai dengan topik di atas adalah ….
A.    Apa yang dimaksud dengan perpustakaan berkualitas?
B.     Bagaimana syarat perpustakaan dikatakan berkualitas?
C.     Apa pengaruh kualitas perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa?
D.    Bagaimana cara meningkatkan minat baca siswa?
E.     Apa yang harus dilakukan untuk menjadikan perpustakaan berkualitas?
                                                                  
45.     Bacalah kutipan puisi berikut dengan cermat!

Cintaku untuk-Mu

Ketika kugoreskan kenangan ini
selembar bianglala gerimis
membentang antara Engkau dan aku
Ketika kunyanyikan puisi ini
dan kisah kita Kauabadikan
Cinta kita Kaulestarikan
Dalam kata dan tinta
atas kertas penuh nuansa

Sahabat,
cinta-ku
untuk-Mu
John Dami Mukese, Doa-Doa Semesta

larik puisi yang mengandung majas untuk melengkapi kutipan puisi di atas adalah ….
A.    Aku bisa mendengar melodi yang mengalun indah.
B.     Begitu banyak melodi yang keluar dari dalam hatiku.
C.     Seberkas melodi petir merah menjitak hatiku yang biru.
D.    Seberkas melodi keluar dari relung hatiku.
E.     Hatiku girang mendengar melodi yang mengalun.
 46.    Bacalah kutipan puisi berikut dengan cermat!
 … di pasir ipis, merdu
antara gundukan pohon pina,
tembang menggema di dua kaki,
Burangrang-Tangkubanprahu.
Herman J. Waluyo
Kata lambang yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi di atas adalah ….
A.    lagu
B.     tembang
C.     seruling
D.    musik
E.     nyanyian

47.    Bacalah kutipan naskah dramaberikut dengan cermat !
1)        Yosep
:
Jadi, Pak Mohammad yang mengambilnya? Celaka. Beliau akan menuduh aku tidak melakukan tugas. Ini permainan Limanta untuk menjatuhkan aku. (Marah)
2)        Hamidah
:
Yos, sabar! (Mmegangi tangannya)
3)        Yosep
:
Sudah habis kesabaranku. (Kepada Hamidah) lepaskan tanganku, Midah! Biar kuhabisi riwayatnya!
4)        Margaretha
:
(Memegang tangan Yosep yang lain) Dengarkan aku dulu!
5)        Yosep
:
…. (Meronta, lalu mendorong Hamidah dan Margareta ke belakang sehingga mereka melepaskan tangan Yosep) Lepaskan! (Yosep lari ke gudang sebelah kiri)

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog drama nomor 5) di atas adalah ….
A.    Apa yang kamu lakukan?
B.     Kamu mau melawanku?
C.     Lepaskan, lepaskan?
D.    Sabar, sabar dulu, Sep.
E.     Ini tidak bisa dibiarkan.

48.    Bacalah kedua kutipan resensi berikut dengan cermat!

Kutipan 1
Setelah melahirkan tiga novel bestseller, yakni BilanganFu, Saman, dan Larung, Ayu Utami mengeluarkan novel keempat berjudul Manjali dan Cakrabirawa.Novel ini merupakan kelanjutan novel BilanganFu.Serial ini mengisahkan petulangan Marja, Yuda, dan Parang Jati menghadapi berbagai misteri local di Nusantara. Sementara BilanganFu mengangkat tema alam gaib di kawasan Pacitan, kini Manjali dan Cakarabirawa menyingkap misteri yang tersembunyi di salah satu candi di sekitar perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur dan kaitannya dengan pembunuhan missal pada fajar kekuasaan Orde Baru.
Sumber: http//www.goodreads.com/book/show/8567054-manjali-dan-cakrabirawa
Kutipan 2
Novel Blackforest Blossom  sangat cocok bagi remaja. Dengan membaca novel ini pembaca seperti berada dalam kehidupan sehari-hari karena masalah yang dimunculkan dalam novel dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.Novel ini menggunakan bahasa sehari-hari yang sering didengar oleh telinga remaja.Walaupun bahasa yang digunakan dalam novel ini sangat menarik, tetapi masih banyak kata yang kasar muncul dalam novel ini.
Sumber: http//soul2tear.wordpress.com/2010/05/07/resensi-novel-blackforest-blossom/
           
Dari kedua kutipan resensi di atas, yang sesuai disebut resensi dan disertai dengan alasan yang tepat adalah ….
A.    Kutipan 1 karena menjelaskan novel-novel bestseller  karya Ayu Utami.
B.     Kutipan 1 karena menjelaskan novel-novel terbaru Ayu Utami yang berjudul Manjali dan Cakrabirawa.
C.     Kutipan 1 karena mengisahkan petualangan tokoh-tokoh dalam novel, yaitu Marja, Manjali, Cakrabirawa.
D.    Kutipan 2 karena menjelaskan novel dapat masuk dalam kehidupan sehari-hari remaja.
E.     Kutipan 2 karena mengemukakan bahasa novel yang menarik, tetapi masih banyak kata yang kasar.
49.    Bacalah puisi berikut dengan cermat!

Selamat Tinggal

aku bekerja
Bukan buat ke pesta

Ini muka penuh luka
Siapa punya
Kudengar seru-menderu
-dalam hatiku?-
Apa hanya angin lalu?

Lagu lain pula
Menggelepar tengah malam buta
Karya: Chairil Anwar

Kalimat kritik yang sesuai dengan isi puisi di atas adalah ….
A.    Sajak :Selamat Tinggal” sangat istimewa karena memuat kalimat Tanya yang jarang digunakan oleh penyair lain.
B.     Puisi-puisi yang dibuat Chairil Anwar menggunakan kata-kata yang sederhana sehingga kurang menunjukkan keindahan.
C.     Diksi yang digunakan dalam puisi “ Selamat Tinggal” sangat sederhana sehingga tidak menunjukkan nilai keindahan.
D.    Chairil Anwar merupakan penyair yang terkenal sehingga patut mendapat pujian.
E.     Puisi “ Selamat Tinggal” mengandung makna yang mendalam jika kita tahu maksud puisi tersebut.

50.    Bacalah kutipan esai berikut dengan cermat!

Pengaruh agama Hindu, Buddha, dan Islam telah memberi warna yang memperkaya dan mematangkan kebudayaan Indonesia, termasuk di dalamnya khazanah sastra Indonesia.Oleh karena itu, sastra Indonesia terpengaruh dengan dua kebudayaan yang masuk ke Indonesia. Sastra Indonesia terpengaruh oleh agama Hindu/ Buddha dan terpengaruh agama Islam ….
Sumber: http//goesprih.blogspot.com/2008/06/mencari-penyair.html

Kalimat simpulan yang sesuai untuk melengkapi kutipan esai di atas adalah ….
A.    Ini berarti khazanah sastra Indonesia mudah dipengaruhi kebudayaan lain.
B.     Ini berarti ada dua “kiblat” sastra Indonesia  yang berkembang.
C.     Sastra Indonesia berkembang seiring dengan kebudayaan.
D.    Kebudayaan Indonesia terpengaruh dengan kebudayaan yang masuk ke dalamnya.
E.     Khazanah sastra Indonesia menjadi kayak karena pengaruh kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar